PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG KONSEP DASAR GLOBALISASI PADA PELAJARAN PKN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MELALUI SISTEM DARING (BELAJAR DI RUMAH) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 06 DELANGGU, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Angga, Dwi Permana (2021) PENINGKATAN PEMAHAMAN TENTANG KONSEP DASAR GLOBALISASI PADA PELAJARAN PKN DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MELALUI SISTEM DARING (BELAJAR DI RUMAH) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 06 DELANGGU, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Angga Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan pemahaman konsep globalisasi dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas VI SD N 06 Delanggu, Klaten tahun ajaran 2020/2021, (2) Memaparkan cara pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman konsep globalisasi dalam mata pelajaran PKn pada siswa kelas VI SD N 06 Delanggu, Klaten tahun ajaran 2020/2021. Variabel dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep globalisasi pada pendidikan kewarganegaraan, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD N 06 Delanggu, Klaten tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 6 putra dan 14 putri. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini dapat disimpulan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep globalisasi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Pada prasiklus diperoleh rata-rata kelas 59, Adanya peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan presentase jumlah siswa yang mencapai KKM (65) dari kondisi awal 40% dengan rata-rata nilai 59 menjadi 65% dengan rata-rata nilai 62,8 pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 90% dengan nilai rata-rata 75,5. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together meningkatkan pemahaman konsep globalisasi pada Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VI SD N 06 Delanggu, Klaten tahun ajaran 2020/2021. Kata Kunci : Pemahaman konsep globalisasi, model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 16 Dec 2021 04:03
Last Modified: 16 Dec 2021 04:03
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2719

Actions (login required)

View Item View Item