PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS INSTRUKSI (Studi Kasus pada Siswa Kelas IV SD Alam Harapan Kita Klaten) TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Eko, Sri Purwaningsih (2015) PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS INSTRUKSI (Studi Kasus pada Siswa Kelas IV SD Alam Harapan Kita Klaten) TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Eko sri purwaningsih.fix.pdf

Download (706kB)

Abstract

Eko Sri Purwaningsih. 13PSC01582. Pembelajaran Memahami Teks Instruksi (Studi Kasus pada Siswa Kelas IV SD “Alam Harapan Kita” Klaten) Tahun Pelajaran 2014/2015. Tesis Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Bahasa, Universitas Widya Dharma Klaten 2015. Masalah yang dikaji dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran memahami teks instruksi yang berlangsung pada kelas IV SD Alam Harapan Kita Klaten. 2) Mengapa pembelajaran memahami teks instruksi dilaksanakan seperti pada saat dilakukan penelitian. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: a) teori pembelajaran, b) teori membaca, c) teori pemahaman teks insruksi, d) studi kasus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data utama diambil dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dan direkam dalam vidio visual yang dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Mei 2015. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara kepada guru dan siswa serta kajian dokumen. Validasi data mengunakan trianggulasi data sumber. Sedangkan analisa data menggunakan lima langkah teknik analisis data. Hasil penelitian dan pembahasan temuan data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Pelaksanaan pembelajaran memahami teks instruksi pada siswa kelas 4 SD Alam Harapan Kita dilakukan dengan aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pengalaman pada kegiatan pembelajaran sebelumnya dimunculkan sebagai perangsang kreativitas siswa tentang instruksi, juga dimaksudkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media lcd yang digunakan guru saat pembelajaran bertujuan untuk mengumpulkan perhatian siswa, agar dapat menerima pemahaman tentang instruksi melalui pengalaman pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada hari sebelumnya. Metode tanya jawab dan penugasan dapat diterima siswa dengan baik. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran juga cukup baik, meskipun suasana kelas terkesan ribut dan berantakan, namun siswa dengan indera pendengarnya mampu menangkap materi yang disampaikan. Interaksi tanya jawab yang dilakukan cukup merangsang daya pikir siswa dalam menerima materi pembelajaran. Materi disampaikan guru dengan jelas dan santai. Siswa dibebaskan berkreasi sesuai dengan daya tangkap melalui pengalaman yang telah mereka lalui. Sehingga pembelajaran memahami teks instruksi pada siswa kelas 4 SD Alam Harapan Kita dapat dikatakan cukup berhasil. 2. Pembelajaran yang dilakukan guru disesuaikan dengan karakteristik siswa kelas 4 SD Alam Harapan Kita Klaten. Karena ada beberapa siswa di kelas ini yang autis hiperaktif. Penggunaan media bertujuan untuk menarik perhatian dan konsentrasi siswa dalam memahami teks instruksi dengan gambar dari pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya dan teks yang berhubungan dengan instruksi juga teks ilustrasi untuk membuat kalimat instruksi. Penugasan dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman siswa terhadap teks instruksi. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran memahami teks instruksi benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 14 Feb 2019 01:29
Last Modified: 14 Feb 2019 01:29
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item View Item