ANALISIS DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

Wicak, Fahd Hutama (2021) ANALISIS DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Wicak Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gangguan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru dan pembatalan penilaian belajar berdampak pada psikologis anak didik dan menurunnya kualitas keterampilan murid. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi pembelajaran daring di rumah pada siswa Sekolah Dasar akibat dari adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yakni penelitian kepustakaan. Pada penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data yang berupa Studi Kepustakaan (Library Research). Sehingga pengumpulan datanya dengan cara mengidentifikasi wacana dari buku, jurnal dan situs internet yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran daring selama masa pandemi SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala yang dialami oleh murid, guru dan orang tua dalam kegiatan belajar mengajar online yaitu penguasaan teknologi masih kurang; penambahan biaya kuota internet; adanya pekerjaan tambahan bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar; komunikasi dan sosialisasi antar siswa, guru dan orang tua menjadi berkurang; dan jam kerja yang menjadi tidak terbatas bagi guru karena harus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan orang tua, guru lain, dan kepala sekolah. Kata Kunci: pembelajaran daring, pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:01
Last Modified: 23 Mar 2022 07:01
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2769

Actions (login required)

View Item View Item