PENGARUH INTENSITAS MEDIA YOUTUBE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SD NEGERICAWAN JATINOM KABUPATEN KALTEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Hery, Eko Setya Budi (2021) PENGARUH INTENSITAS MEDIA YOUTUBE TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SD NEGERICAWAN JATINOM KABUPATEN KALTEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Hery Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi bahwa dalam dunia pendidikan, internet terutama aplikasi Youtube menjadi media pilihan dalam pembelajaran terutama dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini. Youtube memiliki bermacam-macam video yang bisa menjadi alternatif sumber, bahan dan media pendidikan yang dibutuhkan Berdasarkan observasi awal diketahui banyak anak yang menggunakan aplikasi yutube dalam membantu pembelajaran terutama saat pandemi. Rumusan masalah dalam penelitan ini yaitu: bagaimana intenstas penggunaan media Youtube dalam mendukung pembelajaran dan pengaruh media Youtube terhadap prestasi belajar IPA pada siswa SD NegeriCawan Jatinom Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022 dan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media Youtube dalam mempengaruh terhadap prestasi belajar IPA pada siswa SD NegeriCawan Jatinom Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional, metode yang menggambarkan dan menguraikan keterkatian antara beberapa variabel yang satu dengan variabel lainnya. Untuk memperoleh data menggunakan teknik agket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa terdapat hubunganyang signifikan yang bersifat positif antara variabel tentang intensitas penggunaan media Youtube siswa (X) terhadap peningkatan tentang prestasi belajar IPA siswa (Y), dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,639. Hubungan yang signifikan tersebut ditunjukkan dengan thitung = 4,508 dan ttabel = 2,112, yang berarti thitung> ttabel,, maka kesimpulannya Ho ditolak, dengan Ho ditolak berarti ada pengaruh antara variabel tentang intensitas penggunaan media Youtube siswa dengan variabel prestasi belajar IPA siswa.Hasil koefisien determinasi antar kedua variabel diperoleh sebesar 74,578%, hal ini menjelaskan bahwa tingkat kontribusi intensitas penggunaan media Youtube siswa (X) terhadap prestasi belajar IPA siswa (Y) yaitu sebesar 74,578%. Sedangkan yang sebesar 25,422% merupakan variabel lain yang juga memiliki pengaruh terhadap peningkatan tentang prestasi belajar IPA siswa namun tidak disebutkan sebagai variabel dalam penelitian ini, misalnya antara lain adalah: variabel motivasi belajar, lingkungan belajar, perhatian guru atau orang sekitar, fasilitas belajar dan lain-lain, dan apabila dibuat persamaan regresi antara variabel tentang prestasi belajar IPA siswa dengan variabel tentang intensitas penggunaan media Youtube siswa menjadi Y = 0,639 X+ 36,08. Kata kunci: media Youtube, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Mar 2022 04:13
Last Modified: 25 Mar 2022 04:13
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2770

Actions (login required)

View Item View Item