ANALISIS PROSES BERPIKIR DALAM PEMECAHAN MASALAH TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2021/2022

Eni, Handayani (2022) ANALISIS PROSES BERPIKIR DALAM PEMECAHAN MASALAH TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 3 KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2021/2022. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Eni Fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Eni Handayani NIM 1613100024. Program Studi Pendidikan Matematika,, Jurusan PMIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, Skripsi. Analisis Proses Berpikir Dalam Pemecahan Masalah Trigonometri Siswa Kelas X SMK Muhammaiyah 3 Klaten Utara Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini membahas tentang proses berpikir dengan kriteria kemampuan asimilasi dan akomodasi dalam pemecahan masalah matematika Polya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses berpikir dalam pemecahan masalah matematika pada sub bab materi trigonometri untuk siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Klaten Utara. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, bertujuan untuk mengkaji informasi mendalam tentang suatu subjek, maka informasi terebut berupa deskripsi proses berpikir siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa tes pemecahan masalah dan wawancara. Data dianalisis dengan tiga (3) tahap yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses berpikir siswa kelas X TE dengan kriteria asimilasi pada tahap memahami masalah cenderung tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. Pada tahap merencanakan masalah cenderung menulis rencana penyelesaian yang diketahui pada soal. Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah mampu menerapkan rencana dan mendapatkan jawaban yang benar saat mengerjakan soal. Pada tahap memeriksa kembali cenderung tidak mengecek memeriksa kembali perhitungan yang telah dibuat. Sedangkan proses berpikir siswa kelas X TE dengan kriteria akomodasi pada tahap memahami masalah cenderung menuliskan secara lengkap dan detail dari apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. Pada tahap merencanakan masalah cenderung menuliskan langkah-langkah secara urut dan dilengkapi dengan sebuah gambar sesuai dengan apa yang diketahui. Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah mampu menerapkan rencana dan mendapatkan jawaban yang benar saat mengerjakan soal. Pada tahap memeriksa kembali cenderung mengecek ulang perhitungan yang telah dibuat dengan menuliskan kesimpulan diakhir. Kata kunci: Proses berpikir, Pemecahan masalah, Kriteria asimilasi dan akomodasi.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:12
Last Modified: 27 Apr 2022 03:12
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2777

Actions (login required)

View Item View Item