IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE DARING (DALAM JARINGAN) SELAMA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENGETAHUI CARA BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS II DI SD NEGERI 2 JONGGRANGAN, KLATEN UTARA, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021

Kristiana, Kristiana (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN METODE DARING (DALAM JARINGAN) SELAMA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENGETAHUI CARA BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS II DI SD NEGERI 2 JONGGRANGAN, KLATEN UTARA, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Kristiana Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagaimana di pahami bersama bahwa kemampuan berpikir kritis yang bersifat aplikatif, produktif, dan ekspresif. Kemampuan ini dapat di capai dengan banyak pelatihan dan bimbingan yag intensif karena sifatnya aplikatif bukan teoritis, melalui penelitian ini peneliti tertarik untuk meneliti pelaksanaan proses pembelajaran Tematik di SD Negeri 2 Jonggrangan, Sunggingan, Jonggrangan, Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Terutama dalam masa pandemi Covid-19. Dimana pembelajaran dilaksanakan secara online atau daring. Rumusan masalah “Bagaimana penerapan Implementasi pembelajaran tematik dengan metode daring (dalam jaringan) selama Pandemi Covid-19 untuk Mengetahui Cara Berpikir Kritis Siswa Kelas II SD Negeri 2 Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten, Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah Sesuai dengan rumusan masalah, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik secara daring (dalam jaringan) di masa Pandemi Covid-19 untuk mengetahui cara berpikir kritis siswa Kelas II SD Negeri 2 Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten. Objek penelitian ini adalah hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan tes tertulis berupa soal uraian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Langkah-langkah pembelajaran kontekstual yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: membangun pengetahuan, siswa menyusun pertanyaan, siswa mencari dan menemukan masalah, guru menggunakan media dalam pembelajaran, guru melakukan penilaian, dan siswa dan guru melakukan refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran daring (dalam jaringan) juga dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis kelas 2 SD Negeri 2 Jonggrangan. Kata kunci: Hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran kontekstual.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:34
Last Modified: 20 Jun 2022 04:34
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2797

Actions (login required)

View Item View Item