PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KARAKTER TOKOH DONGENG (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Jatinom Tahun Pelajaran 2014/2015)

Muh., Ismail (2015) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KARAKTER TOKOH DONGENG (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 2 Jatinom Tahun Pelajaran 2014/2015). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Muh Ismail.fix.pdf

Download (780kB)

Abstract

MUH. ISMAIL, 10PSC00999, Pembelajaran Mengidentifikasikan Karakter Tokoh Dongeng (Studi Kasus pada SMP Muhammadiyah 2 Jatinom kelas VII A tahun pelajaran 2014/2015). Tesis. Klaten. 2015. Program Pendidikan Bahasa Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. Permasalahan yang diteliti adalah : (1) bagaimanakah pembelajaran mengidentifikasikan karaktek tokoh dongeng pada SMP Muhammadiyah 2 Jatinom? (2) mengapa pemntifikasikan karakter tokoh dongeng kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Jatinom terjadi seperti pada saat peneliti melaksanakan penelitian? Landasan teori yang digunakan dalam penelitian adalah : (1) Pembelajaran adalah bagaimana kurikulum itu disajikan kepada peserta didik (Anitah, 2009), (2) pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. Kegiatan pembelajaran mengembangkan kemampuan untuk mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam kebersamaan, dan mengaktualisasikakan diri. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran perlu : 1) berpusat pada peserta didik, 2) mengembangkan kreatifitas peserta didik, 3) menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang, 4) bermuatan nilai, etika, estetika, logika, dan kinestetika dan 5) menyediakan pengalaman belajar yang beragam (Puskur dalam Majid, 2006: 24). (3) Karakter adalah sebagai cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa maupun negara (Suyanto: 2009) Jenis penelitian adalah studi kasus. Sumber data diperoleh dari : (1) fakta atau peristiwa, (2) pendapat dari nara sumber, dan dokumentasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, analisis dokumen, rekaman arsip dan simak catat.. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan audit trail. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan meliputi : (1) hasil penelitian mengemukakan : kinerja gurun, strategi pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, penilaian mengidentifikasikan karakter tokoh dongeng; (2) pembahasan mengemukakan tentang pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di SMP Muhammadiyah 2 Jatinom. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah : (1) Pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasikan karakter tokoh dongeng di SMP Muhammadiyah 2 Jatinom yang dilakukan guru secara umum belum dapat dilaksanakan sesuai dengan kriteria pembelajaran yang baik, hal ini dapat dilihat dari : a) dalam melaksanakan pembelajaran guru tidak dapat mengelola kelas dengan baik, b) penilaian yang dilaksanakan tidak sesuai dengan kriteria penilaian, c) pemilihan media dalam penggunaannya belum di kuasai, d) Peserta didik belum berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran mengidentifikasikan karakter tokoh dongeng. (2) Alasan guru melaksanakan pembelajaran adalah : a) pengelolaan kelas tidak harus dikuasai yang penting tujuan pembelajaran dapat tercapai, b) Aspek penilaian hanya sebagai persyaratan RPP, sehingga penilaian sehari-hari tidak diperlukan, c) belum mampu menguasi media secara baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:19
Last Modified: 14 Feb 2019 02:19
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item