PEMBELAJARAN MERESENSI BUKU PENGETAHUAN (Studi Kasus di Kelas IX A SMP Negeri 3 Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Tahun Pelajaran 2013/2014)

Nanang, Bachtiar (2015) PEMBELAJARAN MERESENSI BUKU PENGETAHUAN (Studi Kasus di Kelas IX A SMP Negeri 3 Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Tahun Pelajaran 2013/2014). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Nanang BAchtiar.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nanang Bachtiar, 10PCS 01184. Pembelajaran Meresensi Buku Pengetahuan (Studi Kasus di Kelas IX A SMP Negeri 3 Purwantoro, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014. Tesis : Program Magister Pendidikan Bahasa Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten 2015. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran tentang menulis resensi buku pengetahuan siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Purwantoro Kabuaten Wonogiri tahun pelajaran 2013/2014, dan (2) mendiskripsikan penyebab pembelajaran menulis resensi buku pengetahuan siswa kelas IX A SMP Negeri 3 Purwantoro Kabuaten Wonogiri tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Purwantoro. Sumber data diperoleh dari (1) aktivitas pembelajaran menulis resensi, (2) informan yaitu guru dan siswa, dan (3) dokumen, yang meliputi silabus, materi ajar, RPP, alat tes, hasil tes, nilai siswa, dan pekerjaan siswa terkait pembelajaran menulis resensi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tekstualisasi, segmentasi, tematisasi, proposisionalisasi, dan reduksi data. Pengujian analisis data secara kualitatif, yaitu (1) reduksi data, (2) sajian data, (3) penarikan simpul serta verifikasinya. Hasil penelitian: Pembelajaran menulis resensi berjalan dengan lancar, karena (1) Penjelasan yang disampaikan oleh guru variatif, (2) Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi dengan penggunaan berimbang, (3) Materi yang disampaikan mudah dipahami oleh siswa sehingga siswa dapat menyelesaikan dikusi dengan presentasinya, (4) Media yang digunakan dalam pembelajaran adalah buku yang akan dijadikan contoh untuk diresensi, dan (5) Evaluasi tidak dilaksanakan langsung namun siswa diberi tugas individu untuk dikerjakan di rumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:21
Last Modified: 14 Feb 2019 02:21
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item