PENGEMBANGAN PROTOTIPE RANCANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA LAGU UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Yunita, Primasari Antoh (2022) PENGEMBANGAN PROTOTIPE RANCANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH MENGGUNAKAN MEDIA LAGU UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Yunita Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Potensi dalam penelitian ini adalah pembelajaran tematik kelas 1 dalam penerapan Kurikulum 2013 yang menggunakan model pembelajaran tematik integratif. Mata pelajaran Matematika (materi penjumlahan dan pengurangan) dan Bahasa Indonesia (syair). Dari hasil wawancara dengan guru kelas 1 SD, peneliti mendapatkan informasi guru mengalami kesulitan mengintergrasikan materi penjumlahan dan pengurangan dengan Bahasa Indoneisa berkaitan syair. Dari hasil kuesioner yang dibagikan kepada 28 peserta didik kelas 1 SD, peneliti mendapatkan data 65% peserta didik kesulitan memahami materi penjumlahan, 65% peserta didik kesulitan memahami materi pengurangan. Oleh sebab itu, peserta didik membutuhkan media lagu agar mampu memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah yang terintegrasikan dengan syair. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan prosedur pengembangan prototipe dan mendeskripsikan kualitas prototipe tersebut. Prototipe ini menggunakan lima langkah pengembangan Sugiyono meliputi: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Prototipe divalidasi oleh dosen Matematika, dosen seni musik, dan guru kelas 1 SD. Skor rata-rata dari tiga validator adalah 3,25 (rentang 1-4) dengan kategori “sangat baik”, sehingga layak diuji cobakan. Uji coba terbatas dilakukan peneliti kepada 28 peserta didik kelas I di SD Kanisius Pugeran Yogyakarta. Peneliti mengajarkan Matematika materi penjumlahan dan pengurangan dengan mengkaitkan Bahasa Indonesia materi ungkapan kasih sayang berdasarkan syair lagu. Dari hasil evaluasi peneliti mendapatkan data 100% peserta didik mendapatkan nilai di atas KKM untuk Materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Dari hasil refleksi peserta didik senang belajar materi penjumlahan dan pengurangan menggunakan media lagu. Kata Kunci : prototipe, matematika, penjumlahan, pengurangan.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:04
Last Modified: 28 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2810

Actions (login required)

View Item View Item