IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTsN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG

Nurkholis, Nurkholis (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTsN SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Nurkholis.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurkholis, 13PSC 01548 “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII A MTsN Susukan Kabupaten Semarang”. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten 2015. Rumusan masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw di kelas VIII A MTsN Susukan Kabupaten Semarang dapat ditingkatkan aktivitas belajar siswa ? (2) Apakah dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw dapat ditingkatkan keterampilan menulis teks berita peserta didik di kelas VIII A MTsN Susukan Kabupaten Semarang ? Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A MTsN Susukan Kabupaten Semarang yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Jigsaw. Data diperoleh dengan teknik pengamatan, wawancara, dokumentasi dan tes menulis teks berita. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pengecekan keabsahan data diperoleh melalui tanya jawab dengan teman sejawat dan triangulasi. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan ke arah perbaikan siswa dalam hal proses maupun produk. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks berita menggunakan model Jigsaw mengalami peningkatan. Dalam aktifitas siswa melalui model pembelajaran Jigsaw terjadi peningkatan aktifitas positif yaitu keaktifan siswa 3 (10.00%), keantusiasan siswa 3 (10.00%), kerjasama 4 (13.33%), kemandirian siswa 6 (20.00%), dan percaya diri 9 (30.00%). Hasil tes keterampilan menulis teks berita diperoleh nilai persentase ketuntasan peserta didik dalam menulis teks berita pada siklus I hanya mencapai 43,33% dengan nilai rata-rata 72,57 dan masih kurang dari standar ketuntasan yang ditetapkan yaitu sebesar 75%. Pada siklus II persentase ketuntasan terjadi pening- katan menjadi 80,00% dengan nilai rata-rata 79,37 dan sudah memenuhi standar ketuntasan yang ditentukan. Peningkatan yang terjadi dapat dilihat dari hasil yang diperoleh yaitu persentase yang semakin meningkat dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:32
Last Modified: 14 Feb 2019 02:32
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/283

Actions (login required)

View Item View Item