PENGARUH VERBAL BULLYING TERHADAP SELF EFFICACY SISWA SD NEGERI CAWAN, JATINOM, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Dila, Margaretha (2022) PENGARUH VERBAL BULLYING TERHADAP SELF EFFICACY SISWA SD NEGERI CAWAN, JATINOM, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Dila Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh verbal bullying terhadap self efficacy siswa SD Negeri Cawan, Jatinom, Klaten. Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan maraknya perilaku verbal bullying yang terjadi di kalangan peserta didik. Berdasarkan observasi awal terdapat permasalahan di kelas V SD Negeri Cawan, Jatinom, Klaten pada saat proses pembelajaran, yaitu (1) terdapat siswa yang menjuluki dan mengejek nama orang tua (2) terdapat siswa mengolok-olok dan memanggil dengan sebutan hewan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri Cawan, Jatinom, Klaten yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan seluruh jumlah populasi sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang memiliki 4 alternatif jawaban. Uji validitas instrumen menggunakan validitas kontruk dengan hasil r tabel lebih dari 0,444 dan 38 kuesioner dinyatakan valid. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil 0,883 untuk variabel verbal bullying dan 0,900 untuk variabel self efficacy siswa, sedangkan analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara verbal bullying terhadap self efficacy siswa kelas V SD Negeri Cawan, Jatinom, Klaten yang ditunjukan dengan hasil perhitungan t hitung > t tabel sebesar 3,665 > 2,085 dan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Kata Kunci: Verbal bullying, self efficacy, SD Negeri Cawan

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:05
Last Modified: 21 Jul 2022 02:05
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2842

Actions (login required)

View Item View Item