PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas V SD Negeri Kandangsapi 140 Surakarta)

Sabdo, Sabdo (2015) PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas V SD Negeri Kandangsapi 140 Surakarta). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sabdo.fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sabdo. 08PSC00849. Pembelajaran Apresiasi Drama Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di SD Negeri Kandangsapi 140 Surakarta. Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa Pascasarjana, Universitas Widya Dharma Klaten. 2015 Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan : (1) persepsi guru Bahasa Indonesia terhadap KTSP Bahasa dan Sastra Indonesia, (2) perencanaan pembelajaran apresiasi drama, (3) pelaksanaan pembelajaran apresiasi drama yang dilaksanakan oleh guru, (4) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran apresiasi drama, dan (5) upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala-kendala yang muncul dalam pembelajaran drama. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus yang mengambil lokasi di SD Negeri Kandangsapi 140 Surakarta. Sumber data diperoleh dari tempat dan peristiwa, informan, dan dokumen. Tempat dan peristiwa adalah proses pelaksanaan penbelajaran yang terjadi di kelas. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Bahasa dan Sastra Indonesia, dan siswa. Dokumen yang diteliti adalah dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran drama. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan / verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, Persepsi guru terhadap KTSP dapat dikatakan sudah cukup baik dan positif. Kedua, perencanaan pembelajaran yang dibuat guru sudah sesuai dengan acuan yang ada dalam kurikulum. Ketiga, Pelaksanaan pembelajaran apresiasi drama di SD Negeri Kandangsapi 140 Surakarta yang dilaksanakan oleh guru YS sudah mengarah pada aspek pembinaan apresiasi siswa. Keempat, terdapat kendala-kendala dalam pembelajaran apresiasi drama di SD Negeri Kandangsapi 140 Surakarta, kendala-kendala tersebut dapat dibedakan menjadi tiga sumber kendala, yaitu : guru, siswa, dan sarana dan prasarana. Kendala yang bersumber dari siswa dapat diatasi dengan cara terus melatih rasa percaya diri, meningkatkan kekompakan anggota kelompok, berlatih vokal dan penghayatan karakter tokoh dengan lebih maksimal. Kendala yang bersumber dari sarana dan prasarana dapat diatasi dengan cara pihak sekolah mau menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung pembelajaran drama, khususnya peralatan-paralatan yang dibutuhkan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:44
Last Modified: 14 Feb 2019 02:44
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item