PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA RAKYAT (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri 01 Gentungan, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Semester I) Tahun Pelajaran 2012/2013)

Saidi, Saidi (2015) PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA RAKYAT (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri 01 Gentungan, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Semester I) Tahun Pelajaran 2012/2013). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Saidi.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

SAIDI, NIM 11 PSC 01381 Pembelajaran Mendengarkan Cerita Rakyat (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri 01 Gentungan, Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013) Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Widya Dharma Klaten. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan pembelajaran mendengarkan cerita rakyat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran mendengarkan cerita rakyat di kelas V SD Negeri 01 Gentungan Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) Mengapa pembelajaran mendengarkan cerita rakyat di kelas V SD Negeri 01 Gentungan, Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013 berlangsung seperti pada saat peneliti melakukan pengamatan? . Metode yang digunakan dalam penelitian pendekatan kualitatif, strategi penelitian studi kasus, dan sumber data dalam penelitian ini aktivitas pembelajaran mendengarkan cerita rakyat di kelas V, informan, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yaitu observasi langsung dan wawancara, berpedoman pada tujuh langkah penyediaan data utama, validitas data dengan triangulasi sedangkan teknik analisis data berpedoman lima langkah analisis data utama. Hasil dan simpulan penelitian menunjukkan pembelajaran mendengarkan cerita rakyat berlangsung sebagai berikut : guru sudah melakukan apersepsi, mengadakan pre test dengan bertanya jawab, pembelajaran aktif dengan metode ceramah,tanya jawab,diskusi,dan unjuk kerja,menyampaikan nilai-nilai karakter cerita, dan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran namun tujuan pembelajaran belum disampaikan, medianya hanya berupa teks cerita,simpulan hanya terfokus pada amanat, dan evaluasi kurang sesuai dengan KD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:37
Last Modified: 14 Feb 2019 03:37
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item