PEMBELAJARAN BERCERITA TENTANG PENGALAMAN YANG MENGESANKAN (Studi Kasus di Kelas VII Kelompok Belajar Paket B Miftakhul Huda Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014)

Siti, Maesaroh (2015) PEMBELAJARAN BERCERITA TENTANG PENGALAMAN YANG MENGESANKAN (Studi Kasus di Kelas VII Kelompok Belajar Paket B Miftakhul Huda Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2013/2014). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Siti maesaroh.fix.pdf

Download (686kB)

Abstract

Siti Maesaroh. NIM. 12 PSC01529. Pembelajaran Bercerita Tentang Pengalaman yang Mengesankan (Studi Kasus di Kelas VII Kelompok Belajar Paket B Miftakhul Huda Pulokulon Kabupaten Grobogan pada Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014). Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa. Universitas Widya Dharma Klaten. 2014. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana pembelajaran bercerita tentang pengalaman yang mengesankan di Kelas VII Kelompok Belajar Paket B Miftakhul Huda Pulokulon Kabupaten Grobogan pada Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014? dan 2) mengapa pembelajaran tersebut dilaksanakan sebagaimana terjadi pada saat peneliti mengadakan pengamatan? Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti melakukan pengamatan dengan menggunakan handy cam untuk merekam jalannya pembelajaran. Dari hasil pengamatan diperoleh 36 pernyataan identitas data (PID). Setelah direduksi, 36 PID menjadi 31 unit data utama (Udaut). Udaut kemudian dianalisis berdasarkan 6 pelibat yaitu 1) guru, 2) siswa, 3) materi, 4) metode, 5) media, dan 6) evaluasi. Data-data tersebut didapatkan melalui kegiatan pengamatan, wawancara, dan studi arsip/dokumen. Pemerolehan data utama dilakukan dengan tujuh langkah yaitu: 1) observasi, 2) tekstualisasi, 3) pemultikoloman, 4) segmentasi, 5) tematisasi, 6) proposisionalisasi, dan 7) reduksi. Pengujian validitas data diperoleh dengan cara trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Data-data utama yang diperoleh dianalisis melalui 5 langkah analisis: 1) diuraikan, 2) ditafsirkan, 3) dirangkum, 4) disimpulkan, dan 5) diprediksi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran bercerita tentang pengalaman yang mengesankan Kelas VII Kelompok Belajar Paket B Miftakhul Huda Pulokulon Kabupaten Grobogan pada Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat dilihat dari: a) pelibat guru menyampaikan materi sudah sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) pada RPP namun sedikit masih ada kekurangan karena tutor kurang persiapan, b) tutor menggunakan metode sudah bervariasi namun selalu berfokus pada ceramah sehingga terkadang siswa merasa bosan, c) materi difokuskan menuliskan cerita oleh siswa, d) metode pemodelan yang dilaksanakan guru tidak disegani siswa sepenuhnya karena kebanyakan siswa malu, e) media yang digunakan langsung papan tulis tidak ada media elektronik lainnya yang mendukung jalannya pembelajaran, f) evaluasi yang dilaksanakan terkait dengan tujuan pembelajaran, namun ada yang kurang sesuai karena tutor asal memberi soal kepada siswa, tanpa melihat tujuan yang akan dicapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:44
Last Modified: 14 Feb 2019 03:44
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item