PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF DARI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA ANAK DI DESA KANOMAN KECAMATAN KARANGNONGKO KABUPATEN KLATEN

Zulfa, Khoiriyah Nur Ichsanti (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF DARI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA ANAK DI DESA KANOMAN KECAMATAN KARANGNONGKO KABUPATEN KLATEN. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Zulfa Fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Orang Tua dalam Mengatasi Dampak Negatif dari Penggunaan Media Sosial Pada Anak di Desa Kanoman Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten. Subjek dari penelitian ini adalah orang tua serta anak yang berusia 7-12 tahun yang aktif menggunakan media sosial youtube dan tik-tok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam mengatasi dampak negatif penggunaan media sosial pada anak peran orang tua tersebut meliputi memberikan pendampingan dan pengawasan anak dalam mengakses media sosial, membiasakan anak disiplin dalam penggunaan media sosial dengan waktu yang sudah ditentukan orang tua, memantau media sosial anak dan konten yang anak tonton, ketika berada di rumah orang tua memberikan kesempatan pada anak untuk menceritakan kegiatan yang anak lakukan, memberikan kesempatan anak untuk bermain di luar rumah dengan teman sebaya tanpa media sosail, dan memberikan contoh yang baik kepada anak dalam pengguaan media sosial. Dalam sehari rata-rata anak di desa Kanoman menggunakan media sosial lebih dari 3 jam. Kata kunci: Peran orang tua, dampak negatif penggunaan media sosial

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:03
Last Modified: 03 Aug 2022 04:03
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item