PENDAMPINGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS YANG MENGALAMI HAMBATAN BELAJAR DI SDIT PELITA UMAT KECAMATAN DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sri, Nur Hasanah (2022) PENDAMPINGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS YANG MENGALAMI HAMBATAN BELAJAR DI SDIT PELITA UMAT KECAMATAN DELANGGU KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sri Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa anak berkebutuhan khusus merupakan sosok yang tidak berdaya sehingga perlu dukungan dan pendampingan. Anak tersebut memerlukan perhatian, baik dalam bentuk kasih sayang, pendidikan maupun dalam berinteraksi sosial dengan demikian akan mengembangkan potensi yang dimilikinya secara optimal. Berdasarkan observasi awal, anak berkebutuhan khusus terlihat selalu ketinggalan dengan anak usia sekolah normalnya dalam berbagai aktivitas sehari-hari.. Rumusan masalah dalam penelitan ini yaitu: 1). Bagaimana penerapan pendampingan dan pengelolaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan belajar di SDIT Pelita Umat, dan 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendampingan dan pengelolaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan belajar di SDIT Pelita Umat dan tujuan dari penelitian ini untuk 1) mengetahui bagaimana penerapan pendampingan dan pengelolaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan, dan 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta memaparkan pelaksanaan penerapan pendampingan dan pengelolaan pembelajaran anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan belajar di SDIT Pelita Umat Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang menyampaikan temuan penelitian dengan kalimat atau deskripsi. Untuk memperoleh data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil diketahui bahwa pembelajaran anak berkebutuhan khusus dilakukan melalui pendampingan dan pengelolaan oleh guru pendamping khusus (GPK) yaitu dengan melakukan perencanaan yang meliputi, identifikasi, asesmen, merancang kurikulum khusus anak berkebutuhan khusus dan merancang rencana program pembelajaran sesuai kemampuan anak kemudian membuat program pembelajaran individual. Pendampingan oleh GPK tidak hanya di dalam kelas tetapi juga di luar kelas Penilain dan evaluasi berbeda dengan anak yang normal. Kendala yang dialami yaitu kurangnya sarana dan prasarana dalam proses pendampingan dan pengelolaan, pemahaman, kesiapan anak dalam menerima pembelajaran dan kendala yang lainnya yaitu kontrol emosional guru pendamping yang terkadang kurang stabil. Untuk mengatasi kendala yang dialami yaitu dengan mengoptimalkan sarana prasarana yang ada, menggunakan bahasa sederhana, menjalin hubungan pribadi yang positif sebelum proses pembelajaran, Kata kunci: anak berkebutuhan khusus, hambatan belajar, pendampingan

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:31
Last Modified: 04 Aug 2022 02:31
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2886

Actions (login required)

View Item View Item