PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 GLAGAH JATINOM KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Alniki, Putri Arifin (2022) PENGARUH KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 GLAGAH JATINOM KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Alniki Fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Glagah, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan kinerja guru dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan observasi, terdapat permasalahan di kelas V SD Negeri 2 Glagah, Jatinom, Klaten pada saat proses pembelajaran, yaitu (1) terdapat siswa yang asyik mengobrol sendiri dengan temannya (2) terdapat siswa yang mengantuk saat proses pembelajaran (3) terdapat siswa yang malas bertanya padahal tidak mengerti apa yang dijelaskan guru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 2 Glagah, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan seluruh jumlah populasi sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang memiliki 4 alternatif jawaban. Uji validitas instrumen menggunakan validitas kontruk dengan hasil r hitung lebih dari r tabel, sehingga 26 kuesioner dinyatakan valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil 0,818 untuk variabel kinerja guru, dan analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Glagah, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022 yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan t hitung > t tabel sebesar 3,902 > 2,080 dan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05. Hal ini menunjukkan hipotesis diterima. Koefisien determinasi sebesar 0,420 yang artinya kinerja guru mampu menjelaskan variabel prestasi siswa sebesar 42% sedangkan 58% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Kinerja guru, prestasi belajar,

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:58
Last Modified: 04 Aug 2022 06:58
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2893

Actions (login required)

View Item View Item