TINGKAT PEMAHAMAN ASESMEN NASIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN

Giyana, Iva Yunika Sari (2022) TINGKAT PEMAHAMAN ASESMEN NASIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Giyana Fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Tingkat pemahaman asesmen nasional mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten” pokok permasalahan adalah tingkat pemahaman mahasiswa terhadap sistem evaluasi asesmen nasional pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tingkat pemahaman asesmen nasional mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Widya Dharma Klaten Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Waktu pelaksanaan penelitian yaitu januari-juli 2022. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) kelas regular pada tahun 2018-2021 yang berjumlah 159 mahasiswa. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 114 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif (presentase). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat pemahaman mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universiitas Widya Dharma Klaten pada asesmen nasional secara akumulatif berada pada skor 48% dengan kategori cukup. Rincian pada tiap aspek berdasarkan skor presentase terbesar yaitu pada aspek 4 bentuk soal asesmen nasional sebesar 58% (cukup), aspek 2 pihak dan peserta asesmen nasional sebesar 58% (cukup), aspek 1 pengetahuan dasar asesmen nasional sebesar 41% (cukup), aspek 3 pelaksanaan asesmen nasional sebesar 39% (cukup). aspek 5 persepsi atas keputusan pemerintah terhadap asesmen nasional sebesar 36% (cukup). Kata kunci : Pemahaman Asesmen Nasional, Mahasiswa PGSD, Asesmen Nasional.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:56
Last Modified: 08 Aug 2022 04:56
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2904

Actions (login required)

View Item View Item