PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TOWANGSAN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Dita Dwi Yuniarti (2022) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TOWANGSAN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Dita Fix.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari masalah kurangnya kedisiplinan siswa yang terjadi pada masa pasca pandemi hal memunculkan permasalahan dimana siswa tidak tertib dalam mengumpulkan tugas sekolah, siswa seringkali terlambat menghadiri kelas, dan siswa tidak tertib dalam mengikuti aturan berpakaian yang menjadi tata tertib sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan 1) Lingkungan sosial sekolah kelas IV SD Negeri 1 Towangsan, 2) Kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Towangsan, 3) Pengaruh lingkungan sosial sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Towangsan, Gantiwarno, Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah semua peserta didik dari kelas IV SD Negeri 1 Towangsan yang berjumlah 24 siswa. Teknik analisis kelayakan kuesioner menggunakan uji validitas, uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach, dilanjutkan dengan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana, uji determinasi (R square) dengan Uji-t. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan sosial sekolah berada pada kategori sedang dengan presentase 75% dan kedisiplinan belajar siswa berada pada kategori sedang dengan presentase 62,5%. Hasil perhitungan menggunakan Uji-t menunjukkan nilai thitung sebesar 6,491 dan nilai ttabel untuk n=24 yaitu 2,074, sehingga thitung > ttabel maka hipotesis dari penelitian ini diterima artinya terdapat pengaruh antara lingkungan sosial sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Towangsan. Kata Kunci : penelitian kuantitatif, lingkungan sosial sekolah, kedisiplinan belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:11
Last Modified: 15 Aug 2022 03:11
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2952

Actions (login required)

View Item View Item