UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARING TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI 2 REJOSO KECAMATAN JOGONALAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Rahayu Suryaningrum (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARING TIPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN DI KELAS IV SD NEGERI 2 REJOSO KECAMATAN JOGONALAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Rahayu Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terpuruknya kualitas pendidikan dan kurang tepatnya metode atau cara pembelajaran serta pendekatan dalam pembelajaran merupakan dua pernyataan sebab akibat yang masih melekat pada tubuh pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui pengunaan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV di SD Negeri 2 Rejoso, Jogonalan, Klaten. Penelitian ini diadakan di kelas IV sebagai subyek dari penelitiannya. Dimana seting penelitiannya sebelum dilakukan penelitian, peneliti mengobservasi terlebih dahulu dengan mengadakan pengamatan dan wawancara dengan siswa kelas IV SD Negeri 2 Rejoso. Metode penelitian menggunakan tindakan kelas meliputi: 1.) Perencanan 2.) Pelaksanaan 3.) Observasi 4.) Refleksi 5.) Keputusan. Pada hasil belajar pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (70%) yaitu 6,5 sebanyak sembilan siswa (47,36%), sedangkan jumlah siswa yang belum mencapai nilai KKM sebanyak 10 siswa (52,63%). Pada siklus II, nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 4,57 menjadi 8,78 nilai rata-rata dari postest. siswa yang mencapai nilai KKM (6,5) pada siklus II ada 18 siswa (94,73%), sedangkan yang belum mencapai nilai KKM hanya satu siswa (5,26%). Skor N- gain dari siklus I ke siklus II menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dengan skor N-gain pada siklus I sebesar 0,33 berkategori sedang menjadi 0,73 berkategori tinggi pada siklus II. Kata kunci: Pendekatan Pembelajaran tipe jigsaw , penelitian tindakan kelas

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 19 Aug 2022 06:43
Last Modified: 19 Aug 2022 06:43
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item