PEMBELAJARAN MENYUSUN NASKAH SAMBUTAN ULANG TAHUN ( Studi Kasus di Kelas VI Semester 2 SD Negeri 2 Mranggen, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013)

Warono, Warono (2015) PEMBELAJARAN MENYUSUN NASKAH SAMBUTAN ULANG TAHUN ( Studi Kasus di Kelas VI Semester 2 SD Negeri 2 Mranggen, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Warono.fix.pdf

Download (821kB)

Abstract

Warono NIM: 12PSC01463. Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. Judul Tesis:"PEMBELAJARAN MENYUSUN NASKAH SAMBUTAN ULANG TAHUN (Studi Kasus di Kelas VI Semester 2 SD Negeri 2 Mranggen, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/ 2013)” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menyusun naskah sambutan ulang tahun pada siswa kelas VI Semester 2 SD Negeri 2 Mranggen, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) Mengapa pembelajaran menyusun naskah sambutan ulang tahun dilaksanakan guru yang nampak seperti ketika peneliti melakukan pengamatan terhadapnya saat pembelajaran pada siswa kelas VI semester 2 SD Negeri 2 Mranggen, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menyusun naskah sambutan ulang tahun pada siswa kelas VI Semester 2 SD Negeri 2 Mranggen, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013 2) Mendeskripsikan penyebab terjadinya pembelajaran menyusun naskah sambutan ulang tahun ketika guru melakukan pembelajaran pada siswa kelas VI semester 2 SD Negeri 2 Mranggen, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013, dilaksanakan seperti ketika peneliti melakukan pengamatan. Teori yang digunakan adalah teori pembelajaran, ketrampilan menulis, menyusun naskah sambutan, media pembelajaran dan teori studi kasus. Penelitian studi kasus ini teknik pengumpulan data menggunakan tujuh langkah pengumpulan data versi Sudaryanto, yaitu diobservasi, ditekstualisasi, dimultikolomkan, disegmentasi, ditematisasi, diproposisionalisasi, direduksi. Lima langkah analisis data yaitu diurai, diulas, dirangkum, disimpulkan, direkomendasi, dan diprediksi. Hasil penelitian dapat dirangkum sebagai berikut: a. Guru melakukan kegiatan awal, inti, dan penutup dengan baik, berusaha melibatkan siswa, b. Siswa aktif menyusun naskah, c. contoh naskah yang disajikan sangat membantu siswa. Berdasarkan hasil analisis udaut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menyusun naskah sambutan ulang tahun terlaksana secara runtut dan baik pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Mranggen semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan berdasar a) Pelaksanaan pembelajaran sesuai teori yaitu kegiatan pembukaan, inti, dan penutup, sudah bagus tetapi perlu menyampaikan tujuan pembelajaran; b) sebagian besar siswa mengikuti pembelajaran dengan serius; c) materi pembelajaran menyusun naskah sambutan ulang tahun siswa terfokus pada contoh naskah sambutan; d) menggunakan dokumen silabus dan RPP. 2) Penyebabnya a) guru asyik dalam kegiatan apersepsi; b) keterbatasan buku sumber; c) tanpa didukung media lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 15 Feb 2019 01:16
Last Modified: 15 Feb 2019 01:16
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item View Item