PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING KELAS VIII PUTRA MTS MUHAMMADIYAH 6 BAYAT

Muhammad Bayu Ash Shidiq (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING KELAS VIII PUTRA MTS MUHAMMADIYAH 6 BAYAT. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Muhammad Fix.pdf

Download (582kB)

Abstract

Muhammad Bayu Ash Shidiq, NIM 1811100016. Skripsi: Peningkatan Ketrampilan Berbicara Teks Drama Pada Siswa Kelas VIII Putra MTs Muhammadiyah 6 Bayat Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Jurusan Pendidikan bahasa dan sastra indonesia; Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Widya Dharma Klaten. Kemampuan peserta didik kelas VIII Putra MTs Muhammadiyah 6 Bayat pada semester II tahun ajaran 2021/2022 dalam keterampilan berbicara teks drama masih rendah. Dari 12 siswa hanya 4 siswa atau sebesar 40%. Penyebab rendahnya hasil belajar ditandai dengan pemilihan metode yang kurang tepat sehingga siswa merasa bosan. Tindakan untuk menyelesaiakan permasalahan ini dengan menerapkan metode role playing dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah a) meningkatkan keterampilan berbicara teks drama dengan menggunakan metode role playing pada siswa kelas VII Putra MTs Muhammadiyah 6 bayat semester genap tahun ajaran 2021/2022. Tempat Penelitian di MTs Muhammadiyah 6 Bayat. Waktu penelitian yaitu 12 April 2021 sampai dengan 16 April 2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Putra MTS Muhammadiyah 6 Bayat tahun pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dengan siswa tampil drama secara kelompok. Setelah dilaksanakan tindakan dengan menggunakan metode role playing, proses keterampilan berbicara teks drama dikelas VIII Putra MTs Muhammadiyah 6 Bayat semester genap tahun ajaran 2021/2022 mengalami peningkatan. Minat belajar, kreatifitan siswa, kerja sama dan semangat belajar, rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran teks drama dengan menggunakan metode role playing berkembang menjadi lebih baik. Presentase hasil belajar (angket) pada siklus I sebesar 50%. Dan pada siklus II meningkat 40% menjadi 90%. Setelah dilaksanakan tindakan dengan menggunakan metode role playing, hasil belajar berupa keterampilan berbicara siswa kelas VIII Putra Mengalami peningkatan. Pada hasil wawancara siswa yang tuntas sebesar 40%, pada siklus satu mengalami peningkatan sebesar 50%, dan pada siklus kedua meningkat menjadi 90% dari hasil prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 10% dan pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 40%. Dapat dilihat bahwa terdapat nilai positif yang ditunjukkan dengan kemampuan berbicara siswa pada teks drama dengan metode role playing yang ditunjukkan dengan hasil perhitungan dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan berbasis metode role playing. Kata kunci : Keterampilan Berbicara teks drama, kemampuan berbicara menggunakan metode role playing Kemampuan berbicara dengan teks drama metode role playing kelas VIII Putra MTs Muhammadiyah 6 Bayat.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:53
Last Modified: 07 Sep 2022 02:53
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/3081

Actions (login required)

View Item View Item