PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER MENGGUNAKAN MEDIA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI FACEBOOK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sri Lestari (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER MENGGUNAKAN MEDIA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI FACEBOOK SISWA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sri Fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sri Lestari, NIM,1981100020,PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER MENGGUNAKAN MEDIA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI FACEBOOK SISWA KELAS VIIIC SMP N 1 BAYAT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2022. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis poster dan perubahan perilaku dalam pembelajaran daring dengan media iklan layanan masyarakat siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Bayat Kabupaten Klaten.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian yang merupakan proses investigasi terkendali untuk menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas yang dilakukan secara bersiklus, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Prosedur yang dilalui dalam penelitian ini adalah prosedur penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari Perencanaan (plan), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection) yang bersiklus dalam pembelajaran. Hasil penelitianpada pengukuran peningkatan keterampilan menulis poster kelas VIII C SMP Negeri 1 Bayat Kabupaten Klaten setelah mengikuti pembelajaran menulis poster dengan menggunakan media iklan layanan masyarakattelah terbukti mengalami peningkatan. Hasil tes siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 67.8, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 79.43 hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11.63 poin atau 17.15%. Perilaku siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Bayat Kabupaten Klaten, setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis poster dengan menggunakan media iklan layanan masyarakat mengalami perubahan. Perubahan-perubahan tingkah laku siswa ini dapat dibuktikan dari hasil data nontes yang berupa observasi, wawancara, dan dokumen catatan penilaian kinerja. Perubahan tingkah laku siswa dapat dilihat secara jelas pada saat pembelajaran. Berdasarkan hasil data nontes pada siklus I, masih tampak tingkah laku /sikap negatif siswa saat pembelajaran berlangsung diantaranya adalah siswa masih berbicara sendiri, siswa tidak segera mempersiapkan diri, siswa tidak merespon instruksi guru dengan baik masih dominan. Pada siklus II tingkah laku/sikap negatif siswa dalam pembelajaran sudah semakin berkurang dan tingkah laku/sikappositif siswa semakin bertambah diantaranya adalah siswa mulai aktif mempersiapkan diri mengikuti pembelajaran, menyiapkan alat tulis, siswa lebih serius dalam memperhatikan infomasi dan instruksi guru dengan lebih baik, siswa lebih responsif selama diskusi dan sesi tanya jawab dan sudah berlangsung secara efektif, siswa menulis poster dengan benar, siswa juga berpartisifasi dalam melakukan refleksi Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media iklan layanan masyarakat dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan dan perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis poster. Kata Kunci: menulis, poster, iklan layanan masyarakat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:01
Last Modified: 07 Sep 2022 03:01
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item View Item