PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK USIA DINI (Studi kasus Di Pos PAUD Seruni Sehat Ngringo Jaten Tahun Pelajaran 2021/ 2022)

Ari Handayani (2022) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK USIA DINI (Studi kasus Di Pos PAUD Seruni Sehat Ngringo Jaten Tahun Pelajaran 2021/ 2022). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ari Fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

ARI HANDAYANI NIM 2081100040. Judul: Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Pos Paud Seruni Sehat Ngringo Jaten Tahun Pelajaran 2021/ 2022). Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2022. Tujuan penelitian yaitu; (1) Mendeskripsikan proses kegiatan pembelajaran ketrampilan bahasa di POS PAUD Seruni Sehat. (2) Menjelaskan fenomena kegia tan pembelajaran tampak seperti pada saat pengamatan. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kualitatif dengan obyek penelitian adalah proses pembelajaran ketrampilan bahasa di POS PAUD Seruni Sehat. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran di POS PAUD Seruni Sehat, kepala sekolah, guru, siswa,orang tua siswa, dan dokumen pembelajaran.Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara.Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi data dan metode. Analisis data dengan analisis interatif. Berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut; (1) Pelaksanaan pembelajaran ketrampilan bahasa di POS PAUD Seruni Sehat sbb; a) RPPH yang di susun POS PAUD Seruni Sehat tidak menuliskan materi pembiasaan, tidak menuliskan urutan atau langkah – langkah pembelajaran hanya menuliskan ragam kegiatan main , tujuan pembelajaran dan metode belajar juga tidak dituliskan secara jelas, b) Kegitan pembelajaran ketrampilan bahasa di POS PAUD Seruni Sehat di laksanakan dengan tiga bagian kegiatan yaitu pembukaan dengan kegiatan pembiasaan dan pengenalan materi untuk menumbuhkan minat anak pada kegiatan main selanjutnya, kegiatan inti dengan kegiatan bermain dan penutup dengan kegiatan pembiasaan dan penguatan materi pembelajaran. c) Kegiatan penilaian kurang maksimal. (2) Penyebab pembelajaran ketrampilan berbahasa nampak sebagaimana ketika pengamatan dilaksanakan adalah sbb: a) Materi RPPH dan pelaksanaan pembelajaran ketrampilan bahasa di POS PAUD Seruni Sehat tidak sesuai. b) Keterbatasan jumlah guru. c) Anak kurang fokus karena waktu konsentrasi anak pendek, rasa ingin tahu anak besar, anak cenderung ceroboh, dan anak aktif. d) Media pembelajaran yang di gunakan tidak sesuai dengan yang di tulis dalam RPPH. e) Metode pembelajaran yang di gunakan tepat namun tidak di tuliskan dalam RPPH. f) Penilaian tidak maksimal karena keterbatasan jumlah guru dan media. Kata Kunci :Pembelajaran, ketrampilan bahasa, anak PAUD

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:57
Last Modified: 19 Sep 2022 04:57
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/3130

Actions (login required)

View Item View Item