PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (Studi Kasus Di Kelompok Bermain An Nur Sukosari Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2021/2022)

Bet Saryani (2022) PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME (Studi Kasus Di Kelompok Bermain An Nur Sukosari Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2021/2022). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Bet Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bet Saryani/2081100038, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Beyond Center Circle Time (BCCT) dan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran membaca permulaan. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data yang menggambarkan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan BCCT dengan sasaran utama aktivitas pendidik dalam melaksanakan pembelajaran. Metode penyajian data mengadopsi metode Sudaryanto (2012) dengan tujuh langkah penyediaan data: (1) di-observasi (observed), (2) di-tekstualisasi (textualized), (3) di-multikolomkan (multicolomn), (4) di-segmentasikan (segmented), (5) di-tematisasi (thematized), (6) di-proposisionalisasikan (proportionalized), (7) di-reduksikan (reduced). Hasil penelitian ditemukan data sebanyak 192 data verbal aktivitas guru, dan 148 data verbal aktivitas siswa. Temuan data dianalisis dengan lima langkah analisis data Sudaryanto : (1) penguraian unit data utama (tobe analized), (2) pengulasan / penafsiran (tobe interpreted) pellibat guru dan pelibat siswa berdasarkan dokumen dan teori, (3) perangkuman (tobe sumaarized) terhadap kelompok masalah, (4) penyimpulan (tobe councluded/ tobe implied), (5) rekomendasi. Kesimpulan hasil penelitian (1) penerapan pendekatan BCCT dalam pembelajaran membaca permulaan pada anak didik KB An Nur Sukosari dapat berjalan dengan efektif, (2) Aktivitas guru dan siswa dalam penerapan BCCT pada pembelajaran membaca permulaan anak didik KB An Nur Sukosari sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan BCCT, hal tersebut dipengaruhi faktor guru sudah menguasai perkembangan dan karakteristik siswa, materi ajar, pendekatan yang diterapkan, metode yang diterapkan, media dan alat pembelajaran. Kata kunci: membaca permulaan - pendekatan bcct – kelompok bermain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:39
Last Modified: 30 Sep 2022 02:39
URI: http://repository.unwidha.ac.id:880/id/eprint/3143

Actions (login required)

View Item View Item