STUDI KENYAMANAN PEJALAN KAKI TERHADAP PEMANFAATAN TROTOAR (Studi Kasus Di Jalan Rajawali Kota Klaten)

Eko Aminuddin Al Fajar, Aminuddin Al Fajar (2015) STUDI KENYAMANAN PEJALAN KAKI TERHADAP PEMANFAATAN TROTOAR (Studi Kasus Di Jalan Rajawali Kota Klaten). Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Eko Aminudin Al Fajar.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Eko Aminuddin Al Fajar (2015). Studi Kenyamanan Pejalan Kaki Terhadap Pemanfaatan Trotoar (Studi Kasus Di Jalan Rajawali Kota Klaten). Skripsi, Program Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Widya Dharma Klaten. Aktifitas kehidupan masyarakat Kota Klaten termasuk kategori cukup tinggi. Bagi para pengguna kendaraan telah disediakan jalur-jalur lalu lintas jalan yang diatur sedemikian tertib. Begitu pula bagi para pejalan kaki, telah ada jalur trotoar yang disediakan secara khusus. Akan tetapi pada kenyataannya sekarang ini trotoar sudah tidak lagi difungsikan sebagaimana idealnya. Kebanyakan trotoar-trotoar di Kota Klaten telah beralih fungsi. Trotoar banyak dipenuhi oleh bangunan-bangunan kecil yang bersifat permanen dan nonpermanen. Kenyamanan merupakan salah satu nilai vital yang selayaknya harus dinikmati oleh manusia ketika melakukan aktifitas-aktifitas di dalam suatu ruang. Dalam penelitian ini kenyamanan yang akan dianalisis adalah tingkat kenyamanan pejalan kaki dalam pemanfataan trotoar jalan. Penelitian ini dilaksanakan di dalam Kota Klaten, dengan mengambil lokasi penelitian di Jalan Rajawali Klaten sebagai bahan studi kasus dalam spesifikasi pengambilan data penelitian. Panjang perlintasan Jalan Rajawali kurang lebih 1,5 kilometer. Sampel yang diambil berasal dari populasi penelitian, yakni para pejalan kaki yang melintas atau menempuh perjalanan di sepanjang Jalan Rajawali. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah melalui teknik dokumentasi, angket, dan teknik wawancara (interview). Sedangkan untuk metode analisis data yaitu dengan menguji coba angket melalui analisis uji coba validitas instrumen, dimana harga rxy (harga koefisien korelasi skor butir dan skor total) yang diperoleh dari perhitungan dikonsultasikan dengan harga r pada tabel product moment dengan α = 5%. Item soal angket dikatakan valid apabila harga rxy> rtabel. Untuk menguji reliabilitas angket penelitian, digunakan teknik analisa alpha. Harga r11 (harga reliabilitas instrumen) yang diperoleh dari perhitungan dikonsultasikan dengan harga r pada tabel product moment dengan α = 5%. Instrumen dikatakan reliabel jika harga r11> rtabel. Dari perhitungan uji coba instrumen penelitian, diperoleh harga reliabilitas butir atau r11=0,881 dengan N=20, sedangkan r tabel=0,444 pada taraf signifikasi 5 %. Karena r11>rtabel (0,881>0,444), maka butir soal tersebut dinyatakan reliabel.Hasil yang diperoleh dari perhitungan analisis deskriptif prosentase, (dalam 2 zona pengambilan sampel populasi) mengenai persepsi pejalan kaki tentang kenyamanan yang ditinjau dari seluruh faktor, diperoleh bahwa dari jumlah responden sebanyak 100 pejalan kaki, dengan total skor 4966 menghasilkan 62,075% dan tergolong dalam kriteria kurang baik, dalam pemanfaatan jalur trotoar Jalan Rajawali Klaten.Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor-faktor yang meliputi, keteraturan sirkulasi, perlindungan terhadap cuaca, peredaman kebisingan, polusi udara, bentuk lanskep yang baik, kebersihan dan keindahan yang terjaga, terjaminnya rasa keamanan, serta kelengkapan fasilitas jalan, benar-benar merupakan unsur-unsur pokok yang menunjang rasa kenyamanan pejalan kaki dalam pemanfataan jalur trotoar Jalan Rajawali Klaten.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:37
Last Modified: 15 Feb 2019 07:37
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item View Item