ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM RANGKA PENGUKURAN KINERJA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PAMUJI KANTOR CABANG PRAMBANAN

Arda, Erlitawati (2016) ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM RANGKA PENGUKURAN KINERJA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PAMUJI KANTOR CABANG PRAMBANAN. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Arda Erlitawati.fix.pdf

Download (685kB)

Abstract

Arda Erlitawati, NIM: 1222100686, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Widya Dharma Klaten. Judul Skripsi: ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD DALAM RANGKA PENGUKURAN KINERJA PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM PAMUJI KANTOR CABANG PRAMBANAN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja Koperasi Simpan Pinjam Pamuji Kantor Cabang Prambanan dengan menggunakan pengukuran metode Balanced Scorecard. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari responden yang berjumlah 87 responden. Pengukuran kepuasan konsumen menggunakan 82 responden, sedangkan pengukuran kepuasan karyawan menggunakan 5 responden. Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan periode tahun 2012-2014 serta laporan historis yang tersusun dalam arsip dari Koperasi Simpan Pinjam Pamuji Kantor Cabang Prambanan. Dari hasil analisis pengukuran kinerja pada Koperasi Simpan Pinjam Pamuji Kantor Cabang Prambanan dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard dapat disimpulkan bahwa pada perspektif keuangan terlihat bahwa Pengembalian atas Modal yang Diinvestasikan, Pengembalian atas Ekuitas, dan Rasio Hutang terhadap Total Aktiva mengalami penurunan sedangkan Struktur Permodalan mengalami peningkatan. Pada perspektif pelanggan terlihat bahwa tingkat kesejahteraan anggota mengalami penurunan, sedangkan tingkat pemerolehan anggota dan kepuasan pelanggan dinilai cukup baik. Pada perspektif proses bisnis internal terlihat bahwa inovasi dan layanan purna jual terlihat baik. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan terlihat bahwa tingkat retensi karyawan, produktifitas karyawan, kepuasan karyawan dinilai cukup baik. Hasil perhitungan yang telah dilakukan memperlihatkan angka rata-rata skor 0,167. Kinerja rata-rata koperasi terletak antara skala 0-0,06 atau antara skala 50%-80% sehingga dapat diketahui bahwa kinerja Koperasi Simpan Pinjam Pamuji Kantor Cabang Prambanan secara keseluruhan cukup baik. Dari data penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan Balanced Scorecard dapat memberikan gambaran yang lebih terstruktur dan menyeluruh.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 16 Feb 2019 04:19
Last Modified: 16 Feb 2019 04:19
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item