PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN UNGGAH-UNGGUH BASA JAWA DENGAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 7 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Mardiati, Mardiati (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN UNGGAH-UNGGUH BASA JAWA DENGAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 7 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Mardiati.fix.pdf

Download (657kB)

Abstract

MARDIATI, NIM. 1311300925. Skripsi “Peningkatan Kemampuan Penggunaan Unggah-Ungguh Basa Jawa dengan Metode Kontekstual pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 7 Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan penggunaan unggah-ungguh basa Jawa dengan metode kontekstual pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 7 Klaten tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penggunaan unggah-ungguh basa Jawa dengan metode kontekstual pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 7 Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Waktu penelitian dimulai pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2015. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 7 Klaten tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi: tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah: reduksi data, sajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode kontekstual dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan unggah-ungguh basa Jawa siswa kelas VIIA SMP Negeri 7 Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terbukti sebelum perbaikan pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya 8 siswa atau 22,2% dari 36 siswa, pada perbaikan pembelajaran siklus I menjadi 22 siswa atau 61,1%, dan pada perbaikan pembelajaran siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 33 siswa atau 91,7%.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 19 Feb 2019 01:18
Last Modified: 19 Feb 2019 01:18
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item View Item