PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA KRAMA ALUS MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 1 BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sri, Wahyuni (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA KRAMA ALUS MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 1 BAKI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sri Wahyuni.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

SRI WAHYUNI, NIM 1411300946. Skripsi Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Krama Alus Melalui Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Bahasa Jawa merupakan bahasa tutur yang digunakan oleh masyarakat Jawa. Dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa, masyarakat Jawa harus bisa menerapkan penggunaan unggah-ungguh basa Jawa, khususnya penggunaan bahasa Jawa ragam krama yang dipakai dengan tujuan untuk menghormati lawan bicara. Berdasarkan data awal observasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Baki ditemukan permasalahan tentang rendahnya keterampilan siswa dalam berbicara bahasa Jawa ragam krama dikarenakan siswa terbiasa menggunakan bahasa Jawa ragam ngoko dalam berkomunikasi. Metode bermain peran dapat membantu siswa dalam berlatih berbicara bahasa Jawa krama alus dengan baik sehingga siswa terbiasa menggunakannya pada kehidupan sehari-hari. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Jawa Krama Alus siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 melalui metode bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) Untuk data kuantitatif yaitu data angka berupa hasil belajar kognitif siswa, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menentukan mean atau rerata. (2) Untuk data kualitatif yaitu data yang dijabarkan dengan cara mendeskripsikan hasil observasi aktifitas siswa dalam proses pembelajaran dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa krama alus dengan metode bermain peran pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Baki Sukoharjo dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari meningkatnya aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I jumlah skor aktivitas siswa adalah 800 dengan rata-rata skor sebesar 26,7 dan memperoleh kriteria baik. Jumlah skor aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 940 dengan rata-rata skor 31,3 dan termasuk kriteria sangat baik. Keterampilan berbicara bahasa Jawa krama alus siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini ditunjukkan dari jumlah skor keterampilan berbicara bahasa Jawa krama alus siswa pada siklus I adalah 451 dan 493 pada siklus II. Rata-rata nilai evaluasi siswa pun mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 75,2 kemudian meningkat menjadi 82,2 pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 70% meningkat menjadi 93,3% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:07
Last Modified: 19 Feb 2019 02:07
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item