UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ahmad, Triharyanto (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
AHMAD TRIHARYANTO fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

AHMAD TRIHARYANTO, NIM 1213102487. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, Skripsi:“Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Generatif Siswa Kelas VIII SMP N 2 Karanganom Tahun Pelajaran 2015/2016”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran generatif dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi bagun ruang kubus dan balok. Model yang digunakan adalah model tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dan pada setiap ahkir siklus diadakan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP N 2 Karanganom tahun pelajaran 2015/2016, sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa, guru, angket, dan setiap ahkir siklus diadakan tes belajar pokok bahasan kubus dan balok. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dapat (1) meninggkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa, dan (2) meninggkatkan hasil belajar matematika pada siswa. Aktivitas siswa meningkat antara lain : bergabung dengan kelompok dan menyiapkan alat tulis dari 68,27% (siklus I) meningkat menjadi 85,89 (siklus II), melakukan eksplorasi terhadap materi pembelajaran dari 31,73% (siklus I) meningkat menjadi 76,92% (siklus II), mendengarkan penjelasan materi dari 71,15% (siklus I) meningkat menjadi 89,74% (siklus II), mengungkapkan pemahaman yang dimiliki dengan materi yang disampaikan guru dari 46,15% (siklus I) meningkat menjadi 69,23% (siklus II), mengomentari pendapat teman dari 61,54% (siklus I) meningkat menjadi 74,36% (siklus II), presentasi hasil diskusi 72,12% (siklus I) meningkat menjadi 80,76% (siklus II), menjalani evaluasi dari 84,61% (siklus I) meningkat menjadi 96,15% (siklus II).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 02:22
Last Modified: 21 Feb 2019 02:22
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item