PERBEDAAN PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN DALAM BERORGANISASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Aprilia, Dian Novitasari (2016) PERBEDAAN PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN DALAM BERORGANISASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGANOM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Aprilia Dian Novitasari fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

APRILIA DIAN NOVITASARI. NIM 1213102469, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi: Perbedaan Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Keaktifan Dalam Berorganisasi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Karanganom Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bersama antara keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII semester I SMP N 1 Karanganom, tahun pelajaran 2015/2016. Dari populasi sebanyak 257 siswa, dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel sebanyak 102 siswa yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai adalah analisis variansi dua jalan. Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa ada perbedaan pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganom tahun pelajaran 2015/2016, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya harga Fobs=19702.29 > =3.052 , dengan taraf signifikansi 5%. Dan ada perbedaan pengaruh tingkat keaktifan siswa dalam organisasi di sekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganom tahun pelajaran 2015/2016, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya harga Fobs=5800.985 > =3.052 , dengan taraf signifikansi 5%. Serta ada pengaruh bersama antara gaya belajar dan keaktifan siswa dalam berorganisasi disekolah terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganom tahun pelajaran 2015/2016, hal ini dibuktikan dengan diperolehnya harga Fobs=1279.478 > =2.432, dengan taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 02:37
Last Modified: 21 Feb 2019 02:37
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item