PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARANGANOM KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Atik, Sukawati (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE TIME TOKEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARANGANOM KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Atik Sikawati fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

ATIK SUKAWATI, NIM 1213102491. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. Sripsi. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Time Token Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika Kelas VII D SMP Negeri 2 Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui metode pembelajaran Time Token. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Karanganom Semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 26 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah test evalusi yang berbentuk tes uraian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebagai berikut : melalui penerapan pembelajaran dengan metode time token pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Karanganom yang dibuktikan dengan peningkatan persentase rata-rata aktivitas siswa. Adapun hasil persentase rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II meliputi: siswa memperhatikan penjelasan guru yaitu sebanyak 65,38% meningkat menjadi 88,46%, siswa yang mencatat sebanyak 59,61% meningkat menjadi 84,61% , siswa yang bertanya sebanyak 40,38% meningkat menjadi 78,84%, siswa yang menjawab pertanyaan atau berpendapat sebanyak 49,50% meningat menjadi 80,76%, siswi yang aktif dalam berdiskusi kelompok sebanyak 53,84% meningkat menjadi 86,53%. (2) Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM (75) dari siklus I ke siklus II sebagai berikut: rata-rata nilai kelas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 76,73% menjadi 87,5% sedangkan persentase ketuntasan klasikal dari 69,24% menjadi 96,15%. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus II sudah melebihi ketuntasan klasikal (80%) yang telah ditetapkan, maka tidak perlu diadakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode time token dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 02:44
Last Modified: 21 Feb 2019 02:44
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/519

Actions (login required)

View Item View Item