UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Devi, Mayasari Rosa Bella (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Devi MAyasari R.B fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

DEVI MAYASARI ROSA BELLA, 1213102454. Penerapan Metode Pembelajaran Inside-Outside Circle Dalam Meningkatkan keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3Ceper Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menerapkan metode pembelajaran Inside-Outside Circledalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ceper tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 3 CeperSemester II tahun pelajaran 2015/2016. Siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data yang terkumpul berupa hasil belajar siswa yang dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif kuantitatif, sedangkan data berupa aktivitas siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II yaitu siswa berperan aktif dalam pembelajaran salah satunya dalam menyampaikan materi di depan kelas dan keaktifan ketika siswa bertanya kepada guru. (2) Prestasi belajar matematika siswa meningkat ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil tes akhir siklus. Rata-rata hasil tes siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu meningkat dari 72,2 menjadi 84,6 dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 52,4% menjadi 90,4%. Hasil tes akhir sikuls II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu apabila di kelas tersebut terdapat 75% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Inside-Outside Circledapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ceper tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 03:43
Last Modified: 21 Feb 2019 03:43
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item