UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Endang, Wahyuningsih (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 KLATEN UTARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Endang Wahyuningsih fix.pdf

Download (960kB)

Abstract

ENDANG WAHYUNINGSIH, NIM 1413102588. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. 2016. Skripsi : Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas x SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan : (1) Dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan metode Reciprocal Teaching, (2) Dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara, Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan metode Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara yang terdiri dari 36 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data observasi aktivitas siswa, dan analisis data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penerapan metode Reciprocal Teaching pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Adapun aktivitas belajar siswa yang meningkat adalah mengikuti pembelajaran matematika, mengerjakan latihan-latihan soal, bertanya tentang materi latihan soal, dan mengevaluasi proses dan hasil belajar, (2) penerapan metode Reciprocal Teaching pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I dan siklus II mengalami kenaikan dengan rata- rata kelas 62 pada siklus I menjadi 80 pada siklus II. Persentase ketuntasan 28% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 03:53
Last Modified: 21 Feb 2019 03:53
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/524

Actions (login required)

View Item View Item