UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 JOGONALAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Lucky, Setyo Riaswati (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 JOGONALAN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Lucky Setyo R fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

LUCKY SETYO RIASWATI. NIM 1213102452.Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten.Skripsi.Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jogonalan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika Kelas VIII D SMP Negeri 1 Jogonalan Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Jogonalan Kabupaten Klaten Tahun Pelajar 2015/2016 dengan jumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes evalusi yang berbentuk tes uraian. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata hasil belajar matematika siswa 75 dan banyaknya siswa yang tuntas mencapai 75% Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika. Hal tersebut dapat diketahui berdasarkan observasi, rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II meliputi:siswa menjawab pertanyaan guru yaitu sebanyak 56,25% meningkat menjadi 65%, siswa bertanya kepada guru sebanyak 50% meningkat menjadi 62,5%, siswa mengemukakan ide sebanyak 53,75% meningkat menjadi 55,25%, siswa dapat menarik kesimpulan sebanyak 46,25 meningkat menjadi 61 ,25, siswa percaya diri mengerjakan di depan sebanyak 37,5% menjadi 61,25%, siswa disiplin sebanyak 41,25% meningkat menjadi 76,25%, (2) Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang memenuhi KKM (75) dari siklus I ke siklus II sebagai berikut: rata-rata nilai kelas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 70,22% menjadi 80,12% sedangkan persentase ketuntasan klasikal dari 69,23% menjadi 82,5%. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus II sudah melebihi ketuntasan klasikal (80%) yang telah ditetapkan, maka tidak perlu diadakan perbaikan pada siklus selanjutnya. (3) tanggapan siswaterhadap penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualizationpada pembelajaran matematika positif. Hal ini ditunjukkan oleh 100% siswa merasa mudah memahami materi, 100% siswa merasa senang, 82,5% merasa lebih banyak belajar, 75% siswa merasa lebih santai dan serius.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 05:59
Last Modified: 21 Feb 2019 05:59
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item