PENERAPAN TEKNIK PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ria, Devitasari (2016) PENERAPAN TEKNIK PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ria Devitasari fixs.pdf

Download (886kB)

Abstract

Ria Devitasari. NIM 1213102468. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. 2016. Skripsi: Penerapan Teknik Probing Prompting untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan teknik pembelajaran Probing Prompting pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Klaten. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 5 Klaten yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan teknik observasi diperoleh dari hasil aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru, sedangkan teknik tes diperoleh dari hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi pembelajaran Probing Prompting pada pokok bahasan geometri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rata-rata skor keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat dari 1,83 yang berarti kurang pada siklus I, menjadi 2,5 yang berarti cukup pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 3,33 yang berarti baik pada siklus III. (2) Peningkatan hasil belajar dapat ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata dari tes pada setiap akhir siklus. Rata-rata kelas yaitu 68,1 pada siklus I, menjadi 72,2 pada siklus II, dan menjadi 86,5 pada siklus III, jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 44,1% pada siklus I, menjadi 50% pada siklus II, dan 97,1% pada siklus III. Hasil tes evaluasi akhir siklus III telah mecapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu apabila di kelas tersebut terdapat 85% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 07:46
Last Modified: 21 Feb 2019 07:46
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/538

Actions (login required)

View Item View Item