PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CEPER KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ria, Eka Fitriani (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 CEPER KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ria Eka Fitriani fix.pdf

Download (535kB)

Abstract

RIA EKA FITRIANI. NIM 1213102464. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. 2016. Skripsi: Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Team Assisted Individualization Berbasis Tutor Sebaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ceper Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan: (1) dapat meningkatkan keaktifan siswa pada proses belajar mengajar matematika dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya, (2) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya. Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengawasan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas siswa yang meningkat diantaranya siswa lebih memperhatikan penjelasan guru, mengumpulkan informasi secara kelompok, memberikan kesimpulan secara kelompok, menyajikan informasi hasil diskusi, tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas dan lembar diskusi, serta lebih aktif dalam bertanya dan berpendapat pada saat presentasi, (2) penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Dari rata-rata 55,39 pada tes kemampuan awal dengan ketuntasan 22,5%, menjadi 61,74 pada siklus I dengan ketuntasan 45%, dan menjadi 85,64 pada siklus II dengan ketuntasan 91%.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 07:47
Last Modified: 21 Feb 2019 07:47
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item