PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SOMATIC AUDIOTORY VISUAL INTELEKTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sari, Kristianti (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SOMATIC AUDIOTORY VISUAL INTELEKTUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 CEPER KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sari kristianti.pdf

Download (702kB)

Abstract

SARI KRISTIANTI. NIM 1213102466. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten.Skripsi.Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Somatic Audiotory Visual Intelektual Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 CeperKlaten Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah Pendekatan pembelajaran Somatic Audiotory Visual Intelektual serta meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.Setiap siklus terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi.Siklus I dilaksanakan 3 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 4 pertemuan. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Negeri 2 Ceper yang terdiri dari 34 siswa dengan 18 siswa putra dan 16 siswa putri. Data peningkatan aktivitas ini diambil dengan observasi aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran. Sedangkan untuk Hasil belajar diambil dengan menggunakan tes evaluasi yang berbentuk tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II yaitu siswa berperan aktif dalam mendengarkan dan memperhatikan apersepsi yang diberikan oleh guru, aktif dalam memberi tanggapan terhadap apersepsi yang disampaikan oleh guru, aktif dalam memberikan pertanyaan, aktif dalam bekerja sama dengan sesama anggota kelompok, dan aktif dalam menarik kesimpulan berdasarkan hasil diskusi. (2) Pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 68,74% menjadi 76,55%. (3) Hasil belajar matematika siswa meningkat ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil tes akhir siklus. Rata-rata hasil tes siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu meningkat dari 77,24 menjadi 80,14 dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 67,6% menjadi 82,4%. Hasil tes akhir siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu apabila di kelas tersebut terdapat 75% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu ≥ 70. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Audiotory Visual Intelektual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ceper Tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 08:08
Last Modified: 21 Feb 2019 08:08
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item