PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TRUCUK KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Siti, Istikomah (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TRUCUK KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Siti IOstikomah fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

SITI ISTIKOMAH, 1213102437. Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi pembelajaran poster session untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Trucuk kabupaten Klaten tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIH SMP Negeri 2 Trucuk Semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data yang terkumpul berupa hasil belajar siswa yang dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif kuantitatif, sedangkan data berupa aktivitas belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II yaitu siswa berperan aktif dalam pembelajaran salah satunya dalam membuat poster dan keaktifan ketika siswa bertanya kepada guru. (2) Pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 72,65%menjadi 80,46 %. (3) Prestasi belajar matematika siswa meningkat ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil tes akhir siklus. Rata-rata hasil tes siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu meningkat dari 72,45 menjadi 84,58 dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 45,16% menjadi 87,09%,. Hasil tes akhir sikuls II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu apabila di kelas tersebut terdapat 80% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu . Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Trucuk kabupaten Klaten tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 09:56
Last Modified: 21 Feb 2019 09:56
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item