PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARANGNONGKO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Susianti, Susianti (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARANGNONGKO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Susanti fix.pdf

Download (763kB)

Abstract

SUSIANTI, 1213102480. Penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Karangnongko Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan penerapan model pembelajaran Tebak Kata pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Karangnongko tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 2 Karangnongko yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data peningkatan aktivitas siswa diambil melalui pengamatan aktivitas siswa dan pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa diambil dari hasil tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II diantaranya memperhatikan penjelasan guru, aktif dalam mengerjakan soal, aktif dalam kerjasama kelompok, bertanya, dan menjawab pertanyaan (2) hasil belajar matematika siswa meningkat dari rata-rata 73,82 menjadi 83,23 dengan persentase ketuntasan klasikal dari 76,47% menjadi 88,23%. Hasil tes siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu apabila dikelas terdapat 85% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 67. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika kelas VII SMP N 2 Karangnongko tahun pelajaran 2015/1016.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 10:14
Last Modified: 21 Feb 2019 10:14
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item