PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TRUCUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Uswatun, Khasanah (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TRUCUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Uswatun Khasanah fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

USWATUN KHASANAH, 1213102494. Penerapan Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Trucuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran Learning Starts With A Question untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Trucuk tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan dan dua kali pertemuan. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan mengambil sampel terhadap 31 siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Trucuk tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pengamatan dilakukan peneliti dengan menggunakan lembar pengamatan untuk mengetahui aktivitas siswa yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran Matematika berlangsung. Peningkatan hasil belajar Matematika siswa dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa yang diukur menggunakan tes pada setiap akhir siklus, bentuk soal berupa uraian sebanyak 5 butir dengan skor maksimum 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II yaitu siswa yang memperhatikan guru meningkat dari 70,97% menjadi 80,65%, mencatat meningkat dari 80,64% menjadi 87,09%, aktif dalam diskusi kelompok meningkat dari 51,62% menjadi 64,52%, aktif dalam bertanya meningkat dari 48,39 menjadi 77,42%, aktif dalam mengemukakan ide meningkat dari 37,10% menjadi 61,29%, menjawab pertanyaan dari guru meningkat dari 45,17% menjadi 61,29%, dan mengerjakan tugas diskusi kelompok meningkat dari 45,17% menjadi 83,87%. (2) Hasil belajar Matematika siswa meningkat ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil tes pada setiap akhir siklus. Rata-rata hasil tes akhir siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu meningkat dari 75,71 menjadi 86,84 dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 70,79% menjadi 83,88%. Hasil tes akhir sikuls II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu apabila di kelas tersebut terdapat 75% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu ≥ 75. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Trucuk tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:04
Last Modified: 22 Feb 2019 02:04
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item