PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS VIII MTs AL ISLAH KECAMATAN PULOKULON, KABUPATEN GROBOGAN, TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Atik, Yuli Suryani (2016) PEMBELAJARAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS VIII MTs AL ISLAH KECAMATAN PULOKULON, KABUPATEN GROBOGAN, TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Atik Yuli suryani.fix.pdf

Download (955kB)

Abstract

ATIK YULI SURYANI. NIM. 151109445. Skripsi : Pembelajaran Membaca Intensif Siswa Kelas VIII MTs Al Islah Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Tahun Pelajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Widya Dharma Klaten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca intensif pada siswa kelas VIII MTs Al Islah Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Tahun Pelajaran 2016/2017? Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca intensif pada siswa kelas VIII MTs Al Islah Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Islah Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa,; dokumen atau arsip yang berupa data kurikulum, silabus, pelajaran, rencana pembelajaran, tes dan alat evaluasi siswa kelas VIII MTs Al Islah Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk interaktif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut 1) Dari aspek guru : Pembelajaran masih berpusat pada guru. Di samping itu, skenario pembelajaran dalam pembelajaran membaca intensif ternyata banyak yang tidak sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Sementara, tentang penggunaan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan dalam pembelajaran dikarenakan guru kurang persiapan dalam merencanakan pembelajaran, sebab RPP yang digunakan guru adalah produk KKG; 2) Dari aspek siswa : Dalam mengikuti pembelajaran, siswa dengan disiplin dan patuh terhadap perintah dan nasehat gurunya. Namun demikian siswa masih pasif dan pembelajaran masih berpusat pada guru; 3) Dari aspek materi : Minimnya pengembangan materi, buku paket masih merupakan sumber utama guru, sumber- sumber materi lain seperti koran, majalah, lingkungan, media televisi dan radio masih jarang ditampilkan dalam pembelajaran; 4) Dari aspek metode : Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran sudah bervariasi. Guru hanya menggunakan metode tanya jawab, ceramah, dan penugasan

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:50
Last Modified: 22 Feb 2019 07:50
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item