ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN NOVEL TAK SEMPURNA KARYA FAHD DJIBRAN.

Rina, Purnama Sari (2016) ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN NOVEL TAK SEMPURNA KARYA FAHD DJIBRAN. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Rina purnama sari.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rina Purnama Sari. NIM 1211109236. Analisis Strukturdan Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran. Skrispsi.Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten.Pembimbing IDr. Agus Yuliyanto, M. Hum, Pembimbing II Drs. Erry Pranawa, M. Hum, Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Permasalahan inilah, peneliti mengkaji struktur dan nilai-nilai pendidikan dalam novel Tak Sempurna karya Fadh Djibran. Rumusan masalah adalah bagaimana unsur intrinsik yang membentuk novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran, bagaimana hubungan antarunsur dalam novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran, bagaimana nilai-nilai pendidikan terkadung dalam novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik dalam novel Tak Sempurna karya Fadh Djibran, mengetahui hubungan antarunsur dalam novel Tak Sempurna” karya Fadh Djibran, mengetahui nilai-nilai pendidikan dalam novel Tak Sempurna karya Fadh Djibran, menambah pengetahuan dalam memahami unsur-unsur karya sastra dan nilai-nilai pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode struktural sastra, dengan teknik dialetika untuk pengumpulan data. Objek penelitian ini yaitu nila-nilai pendidikan yang terkadung dalam novel Tak Sempurna karya Fadh DjibranData dalam penelitian ini kata, kalimat atau parangraf yang mengadung nilai-nilai pendidikan pada novel Tak Sempurna karya Fahd Djibran, sumber data adalah novel Tak Sempurna karya Fadh Djibran diterbitkan oleh Kurniaesa Publishing, cetakan pertama, Februari 2013, setebal 245 halaman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis unsur- unsur intrinsik meliputi: a) Alur atau Plot: Alur mundur.b) Tokoh dan Penokohan:terdapat 14 tokoh: Rama Aditya Putra, Andri Nugraha, Senior Lazuardi, Gaus, Angga, Yana, Rifki dan Robert, Siti, Santi dan Raras, Firman, dan lain-lain. Penokohan dalam novel Tak Sempurna melalui tuturan langsung, tidak langsung melalui teknik pelukisan latar dan pelukisan fisik, teknik pikiran dan perasaaan, teknik arus kesadaran, teknik reaksi tokoh lain, teknik kesadaran dan teknik pelukisan fisik, teknik reaksi tokoh. c) Latar atau setting: tempat: di rumah, di sekolah, di jalan, rumah sakit. Latar waktu yaitu dua tahun yang lalu,satu tahun yang lalu, sore ini, siang, malam, pagi hari, latar suasana: sedih, senang, marah d) Sudut pandang: orang pertama Rama Aditya Putra (Aku), orang ketiga mamanya Rama. e) Gaya bahasa: majas hiperbola, majas pleonasme, majas repetisi, majas retoris. f) Tema yaitu pengaruh sisi buruk kesalahan pendidikan dan kegagalan rumah tangga yang berdampak pada remaja di Indonesia (tawuran) yang selama ini mengkawatirkang) Amanat: nila-nilai pendidikan, persahabatan, persaudaraan.Hubungan antarunsur. Analisis nilai-nilai pendidikan meliputi Nilai Pendidikan Religius, Nilai Pendidikan Moral, Nilai Pendidikan Sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 23 Feb 2019 01:57
Last Modified: 23 Feb 2019 01:57
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item View Item