KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII D SMP N 2 TRUCUK KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Septina, Dyah Astuti (2016) KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII D SMP N 2 TRUCUK KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Septina Dyah A.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

SEPTINA DYAH ASTUTI, NIM: 1211109251. Skripsi: Kesalahan Penggunaan Ejaan Dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII D SMP N 2 Trucuk Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten 2016. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk- bentuk kesalahan pemakaian huruf kapital, kesalahan penulisan gabungan kata, kesalahan penulisan kata depan (di, ke, dan dari), kesalahan pemakaian tanda baca titik dalam karangan deskripsi siswa kelas VII D SMP N 2 Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan pemakaian huruf kapital, kesalahan penulisan gabungan kata, kesalahan penulisan kata depan (di, ke, dan dari), kesalahan pemakaian tanda baca titik dalam karangan deskripsi siswa kelas VII D SMP N 2 Trucuk, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tempat dilaksanakan penelitian ini yaitu di kelas VII D SMP N 2 Trucuk Kabupaten Klaten. Waktu Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2016. Data dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat yang mengandung kesalahan berbahasa, khususnya dalam penulisan gabungan kata, penulisan kata depan, pemakaian tanda baca titik, dan pemakaian huruf kapital. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan siswa kelas VII D SMP N 2 Trucuk. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak catat. Kegiatan mencatat didasari metode analisis kesalahan berbahasa, khususnya analisis kesalahan ejaan yang difokuskan pada penulisan gabungan kata, pemakaian kata depan (di, ke dan, dari), pemakaian tanda baca titik, pemakaian huruf kapital. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kegiatan mengumpulkan sampel kesalahan, mengidentifikasi kesalahan yang terdapat dalam sampel, menjelaskan kesalahan tersebut, mengklasifikasi kesalahan itu, dan mengevaluasi taraf keseluruhan kesalahan itu. Berdasarkan hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam karangan deskripsi siswa tersebut di atas, masih terdapat kesalahan penulisan ejaan. Kesalahan tersebut berupa penulisan huruf kapital, gabungan kata, penulisan kata depan, dan pemakian tanda baca titik. Kesalahan pemakaian huruf kapital antara lain, penulisan huruf kapital pada nama geografi yang diikuti nama diri geografi, penulisan huruf kapital pada nama diri geografi, penulisan huruf kapital pada awal kalimat, penulisan huruf kapital pada nama orang, dan penulisan huruf kapital di tengah kalimat. Kesalahan penulisan gabungan kata. Kesalahan penulisan kata depan (di, ke, dan dari). Kesalahan pemakaian tanda baca titik.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 23 Feb 2019 02:13
Last Modified: 23 Feb 2019 02:13
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item