PEMBELAJARAN MENULIS DIALOG SEDERHANA (Studi Kasus di Kelas V SDN II Genengrejo Tahun Pelajaran 2013/2014)

Alfi, Hidayati (2016) PEMBELAJARAN MENULIS DIALOG SEDERHANA (Studi Kasus di Kelas V SDN II Genengrejo Tahun Pelajaran 2013/2014). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Alfi hidayati.fix.pdf

Download (778kB)

Abstract

Alfi Hidayati. NIM 14PSC01623. PEMBELAJARAN MENULIS DIALOG SEDERHANA (Studi kasus di Kelas V SDN II Genengrejo Tahun Pelajaran 2013/2014). Tesis. Program Pendidikan Bahasa Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2016. Kata kunci: Pembelajaran menulis, dialog, studi kasus. Penelitian ini mengenai pembelajaran menulis dialog sederhana di Sekolah Dasar kelas V. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Ingin mendeskripsikan pembelajaran menulis dialog sederhana di kelasV SDN II Genengrejo, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014. (2) Ingin mendeskripsikan penyebab terjadinya pembelajaran menulis dialog sederhana di kelas V SDN II Genengrejo, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Tahun Pelajaran 2013/2014 dilaksanakan seperti pada saat peneliti melakukan pengamatan. Dalam penelitian ini menekankan pada usaha peneliti dalam mengumpulkan informasi secara deskripsi tentang pelaksanaan pembelajaran menulis dialog sederhana. Sehingga penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan kalimat deskriptif. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus, karena penelitian ini cocok untuk menjawab pertanyaan “bagaimana dan mengapa”, sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan penggunaan dokumen. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan metode semacam itu diperoleh hasil analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa:1) pelibat guru: (a) Guru sudah melaksanakan proses pembelajaran dengan baik karena dalam pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan yang diamanatkan dalam standar proses dengan melalui tiga tahap yaitu: (1) pendahuluan, (2) inti, (3) penutup. (b) Guru sudah memanfaatkan metode secara efektif karena memvariasikan beberapa metode dalam pembelajaran sehingga siswa berkesan dalam kegiatan pembelajaran. (c) Guru juga memanfaatkan media secara efektif namun dalam mengaplikasikannya guru belum menguasai terbukti masih meminta bantuan orang lain untuk mengoperasikannya. (d) Dalam melaksanakan evaluasi guru sudah menggunakan penilaian non tes dan tes dalam program penilaian 2) Pelibat siswa: (a) Dalam pembelajaran siswa terlihat belum aktif dalam pembelajaran (b) Siswa tidak berani memberikan tanggapa nmeskipun sudah diberi kesempatan oleh guru Dari pembahasan dapat disimpulkan, sebagai berikut: 1) Pembelajaran menulis dialog sederhana kelas V SDN II Genengrejo, Wonogiri, Tahun Pelajaran 2013/2014 sudah dilaksanakan dengan baik namun belum optimal disebabkan : (a) guru dalam menyampaikan pembelajaran menulis dialog sederhana sudah sesuai RPP dengan memanfaatkan media dan metode yang bervariasi namun guru belum menguasai cara- cara penggunaaan media pembelajaran, (b) siswa terlihat kurang aktif dan kurang antusias, dikarenakan siswa tidak dilibatkan secara aktif dan kurang motivasi dari guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 23 Feb 2019 06:40
Last Modified: 23 Feb 2019 06:40
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item