PASINAON NYEKAR SEKAR MACAPAT GAMBUH (Studi Kasus ing Kelas XI Tekstil 1 SMKN 1 ROTA BAYAT Tahun Pasinaon 2015/2016)

Amin, Widodo (2016) PASINAON NYEKAR SEKAR MACAPAT GAMBUH (Studi Kasus ing Kelas XI Tekstil 1 SMKN 1 ROTA BAYAT Tahun Pasinaon 2015/2016). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Amin widodo.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

AMIN WIDODO, 14 PSC01604, 2016. Pasinaon Nyekar Sekar Macapat Gambuh (Studi Kasus Ing Kelas XI Tekstil 1 Semester Ganep SMKN 1 ROTA BAYAT Taun Pasinaon 2016/2016). Tesis : Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran nyekar macapat Gambuh di kelas XI Tekstil 1 semester genap SMKN 1 ROTA BAYAT taun pelajaran 2015/2016 berlangsung sebagaimana yang terjadi ketika observasi dilakukan. Landasan teori dalam penelitian ini : teori pembelajaran, masalah-masalah yang mempengaruhi pembelajaran, pembelajaran tembang macapat, pengertian tembang macapat, teori nembang macapat, aturan nembang macapat, stretegi pembelajara, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media/alat pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada pembelajaran nembang macapat di kelas XI Tekstil 1 semester genap SMKN 1 ROTA BAYAT tahun pelajaran 2015/2016. Pernyataan Identitas Dhata (PID) diperoleh dari hasil observasi dengan cara merekam . Hasil rekaman selanjutnya ditekstualisasi dalam bentuk multikolom yang terdiri atas tapak-tapak jejaring (tajering). Setiap tajering mengandung satu tema yang selanjutnya disebut PID. Dalam penelitian ini terdapat 63 PID, kemudian direduksi menjadi 57 Unit Data Utama (Udaut). Udaut ini selanjutnya dibahas dan dikaji. Pembahasan menyangkut aspek guru, siswa, materi, metode, dan evaluasi. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan (1) pelaksanaan pembelajaran nyekar macapat Gambuh : (a) guru tidak memberikan contoh nembang yang benar ketika siswa salah dalam menirukan nembang. (b) metode yang digunakan beraneka macam, yaitu : metode permainan, metode diskusi, metode demonstrasi, dan metode tanya jawab. (c) media dan alat yang digunakan ketika pembelajaran ialah pesawat dari kertas,buku LKS, laptop dan LCD. (d) guru melakukan penilaian, dengan cara mengamati satu persatu siswa ketika nembang bersama, dan dikuatkan ketika siswa nembang di depan kelas. (e) siswa dalam melantunkan tembang masih kurang menguasai titi laras . (2) Penyebab pelaksanaan pembelajaran nyekar macapat gambuh terlaksana : (a) guru kurang menguasai titi laras tembang macapat. (b) variasi metode yang digunakan memperlancar pembelajaran dan mempermudah mencapai tujuan. (c) alat dan media yang digunakan memperlancar pelaksanaan pembelajaran. (d) mengamati satu persatu siswa penilaian dirasa lebih valid. (e) guru kurang memberikan tanggapan ketika siswa salah dalam melantunkan tembang macapat gambuh. Kata kunci : Pembelajaran Nyekar Sekar Macapat Gambuh Penelitian Studi Kasus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 23 Feb 2019 06:44
Last Modified: 23 Feb 2019 06:44
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item