TEACHING AND LEARNING READING ON NARRATIVE TEXT (A Case Study at Grade VIII E of State Junior High School 2 Ciawigebang in the Academic Year of 2015/2016)

Badriah, Badriah (2016) TEACHING AND LEARNING READING ON NARRATIVE TEXT (A Case Study at Grade VIII E of State Junior High School 2 Ciawigebang in the Academic Year of 2015/2016). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Badriah.fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Badriah. 14.PSC.01618. “Teaching and Learning Reading on Narrative Text (A case study of the grade of year students of SMP Negeri 2 Ciawigebang, Academic year of 20152016)”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Widya Dharma Klaten, 2016. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran reading narrative text bahasa Inggris di kelas VIII E SMP Negeri 2 Ciawigebang, Kuningan, tahun pelajaran 2015/2016; (2) mengapa siswa tidak aktif dalam pembelajaran reading narrative text bahasa inggris di kelas VIII E SMP Negeri 2 Ciawigebang. Landasan teori sebagai dasar penelitian ini adalah: hakikat pembelajaran bahasa, model kurikulum bahasa Inggris di SMP, pembelajaran bahasa Inggris di SMP, konsep dasar reading, teks naratif (narrative text), model-model learning dan teaching reading, perencanaan pembelajaran reading, media pembelajaran, sumber belajar, prinsip-prinsip studi kasus, dan penelitian terdahulu yang relevan. Penelitian ini adalah studi kasus di kelas VIII E SMP Negeri 2 Ciawigebang, Kuningan tahun pelajaran 2015/2016. Teknik cuplikan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diperoleh dari: (1) proses pembelajaran reading bahasa Inggris; (2) para informan; guru bahasa Inggris dan siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Ciawigebang; dan (3) dokumen. Teknik pengumpulan data: (1) observasi; (2) wawancara mendalam; dan (3) analisis dokumen. Observasi dilakukan untuk merekam proses pembelajaran reading bahasa Inggris. Wawancara mendalam untuk menguji validitas data tentang kasus-kasus yang muncul selama proses pembelajaran reading. Untuk memperoleh data dari dokumen, dilakukan analisis dokumen meliputi: silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan hasil penilaian reading. Data yang terkumpul dianalisis dengan model analisis interaktif yang meliputi: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian dan pembahasan meliputi kasus-kasus yang muncul selama: (1) proses pembelajaran bahasa Inggris aspek reading yang meliputi: (a) kinerja guru pada pre-activity dan whilst-activity; (b) implementasi metode pembelajaran; (c) pemanfaatkan media dan sumber belajar; (d) aktivitas siswa; dan (2) alasan-alasan terjadinya kasus terkait dengan: (a) kinerja guru selama proses pembelajaran bahasa Inggris aspek reading; (b) penggunaan metode pembelajaran; (c) pemanfaatan media dan sumber belajar; dan (d) aktivitas siswa. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan: (1) beberapa kasus muncul selama proses pembelajaran reading: (a) guru tidak melakukan pre-test, peran guru dalam pembelajaran sangat dominan, dan penilaian kinerja siswa masih kurang; (b) implementasi metode tidak sesuai dengan RPP; (c) pemanfaatan media dan sumber belajar kurang optimal untuk mengexplore reading siswa; (d) siswa mengalami kesulitan dalam melakukan readring dan reading comprehension; (2) alasan-alasannya adalah: (a) guru tidak melakukan pre-test karena guru dalam mengajar sehari-hari jarang memberikan pre-test; peran guru dalam pembelajaran sangat dominan karena siswa kurang aktif dan masih mangalami kesulitan dalam reading; dan penilaian kinerja siswa masih kurang karena keterbatasan waktu dan kompetensi reading siswa rendah; (b) implementasi metode tidak sesuai dengan RPP karena situasi pembelajaran tidak memungkinkan guru hanya menggunakan satu jenis metode sebagaimana tertulis dalam RPP untuk mengatasi kesulitan siswa; (c) pemanfaatan media dan sumber belajar kurang optimal untuk mengexplore reading siswa karena guru belum terbiasa menggunakan media dan sumber belajar berbasis ICT; (d) siswa mengalami kesulitan dalam reading dan reading comprehension karena keterbatasan penguasaan kosa-kata, pronunciation dan grammar siswa. Keywords: Mengajar, Belajar, Membaca, teks naratif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 23 Feb 2019 06:56
Last Modified: 23 Feb 2019 06:56
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item