PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN (Studi Kasus di Kelas IV SD Negeri Penyangkringan 3, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Tahun Pelajaran 2015/2016)

Dinarum, Probo Arimukti (2016) PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN (Studi Kasus di Kelas IV SD Negeri Penyangkringan 3, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Tahun Pelajaran 2015/2016). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Dinarum probo arimukti.fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dinarum probo arimukti.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dinarum Probo Arimukti. NIM 13PSC01560. Pembelajaran Menulis Pantun (Studi Kasus di Kelas IV SDN Penyangkringan 3, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal, Tahun Pelajaran 2015/2016) Tesis: Program Studi Magister Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana Universitas Widya Darma Klaten. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis pantun di kelas IV SD Negeri 3 Penyangkringan Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. 2) Mengapa pelaksanaan pembelajaran menulis pantun di kelas IV SD Negeri Penyangkringan 3 Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal berlangsung demikian. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus, metode kualitatif dengan model analisis interaktif Miles & Huberman. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah: 1) pemilihan kasus, 2) pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, 3) analisis data, dilakukan sejak peneliti di lapangan, sewaktu pengumpulan data, dan setelah semua data terkumpul, 4) perbaikan, 5) penulisan laporan. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif dari Miles & Huberman. Komponennya meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan/ verifikasi. Ketiganya dilakukan semasa pengumpulan data berlangsung, dan aktivitasnya dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data. Setelah data terkumpul, interaksi dilakukan antar komponen, dan analisis dilakukan dalam proses siklus dengan pola dan teknik interaktif. Perencanaan pembelajaran menulis pantun berupa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, telah dilaksanakan dengan baik karena berpedoman dengan standar pendidikan yang ada. Begitu juga dengan penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan dalam Pembelajaran Menulis Pantun yaitu diskusi kelompok, telah meningkatkan aktifitas siswa selama kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran berbantuan tebak kata yang dipilih guru sebagai penunjang sarana belajar siswa sehingga lebih cepat memahami pembelajaran, sehingga pembelajaran menulis pantun yang dilaksanakan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga hasil pembelajaran menulis pantun yang dilakukan oleh guru dengan model pembelajaran diskusi kelompok berbantuan media kartu data dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Penyangkringan Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Dengan demikian dapat disimpulkan 1) pelaksanaan pembelajaran menulis pantun di kelas IV SD Negeri 3 Penyangkringan Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal dengan media tebak kata dan dengan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan baik. 2) pelaksanaan hasil pembelajaran menulis pantun berbantuan media tebak kata dan dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat berlangsung dengan baik karena guru telah melaksanakan seperangkat perencanaan pembelajaran dengan baik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jadi pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan media tebak kata berpengaruh secara efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Penyangkringan Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Kata Kunci :pembelajaran Bahasa Indonesia SD, studi kasus, pembelajaran menulis pantun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 23 Feb 2019 07:15
Last Modified: 23 Feb 2019 07:15
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item