PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN II PANDAN KECAMATAN SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Handrian, Ichsan Aditya (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN II PANDAN KECAMATAN SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Handrian Ichsan A.fix.pdf

Download (582kB)

Abstract

Handrian Ichsan Aditya, NIM 14PSC01624.” PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SDN II PANDAN KECAMATAN SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014”. Tesis . Program Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI siswa kelas V SD Negeri 2 Pandan, Slogohimo, Wonogiri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini diadakan berdasarkan adanya permasalahan dalam pembelajaran menulis puisi. Kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 2 Pandan, Slogohimo, Wonogiri masih tergolong kurang. Sasaran yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Pandan, Slogohimo, Wonogiri tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti bersama guru kelas. Pada siklus pertama, implementasi tindakan dengan menggunakan media gambar dilakukan sebanyak dua pertemuan. Siklus kedua, tindakan dilakukan sebanyak dua pertemuan. Implementasi tindakan pada siklus II menggunakan media yang sama. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi. Kemampuan rata- rata siswa dalam menulis puisi sebelum adanya implementasi tindakan berkategori rendah. Namun setelah implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan rata-rata siswa dalam menulis puisi menjadi berkategori baik. Hal ini berdasarkan hasil tes siswa dari pretes dengan nilai rata-rata hitung sebesar 58,7 meningkat di siklus I menjadi 63,2 dan pada akhir siklus II nilai rata-rata hitung kembali meningkat menjadi 73,3. Jadi, kemampuan menulis puisi siswa dari pretes sampai akhir siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,6. Kata kunci : menulis puisi, media gambar, penelitian tindakan kelas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 23 Feb 2019 08:32
Last Modified: 23 Feb 2019 08:32
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item