PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF JAWA (Studi Kasus Kelas V SD Negeri I Trukan Pracimantoro, Wonogiri, Semester I Tahun Pelajaran 2016/ 2017)

Mardi, Mardi (2016) PEMBELAJARAN MEMBACA HURUF JAWA (Studi Kasus Kelas V SD Negeri I Trukan Pracimantoro, Wonogiri, Semester I Tahun Pelajaran 2016/ 2017). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Mardi.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mardi, 14 PSC 01649. Pembelajaran Membaca Huruf Jawa (Studi Kasus Kelas V SD Negeri I Trukan Pracimantoro Wonogiri Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017). Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: (1).Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran membaca huruf Jawa kelas V SD Negeri I Trukan Pracimantoro, Wonogiri, semester I tahun pelajaran 2016/2017.(2).Mengapa terjadi permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran membaca huruf Jawa kelas V SD Negeri I Trukan Pracimantoro, Wonogiri tahun pelajaran 2016/2017seperti ketika peneliti melakukan pengamatan. Penelitian studi kasus dilaksanakan pada pembelajaran membaca huruf Jawa kelas V SD Negeri I Trukan Pracimantoro, Wonogiri, tahun pelajaran 2016/2017 Penelitian ini berupa informasi dan tindakan. Sumber data diperoleh dari informan, peristiwa dan dukumen.Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas yang mengajar Bahasa Jawa kelas V tahun pelajaran 2016/2017. Peristiwa yang dimaksud adalah saat pelaksanaan pembelajaran membaca huruf Jawa kelas V SD Negeri I Trukan Pracimantoro, Wonogiri, tahun pelajaran 2016/2017 Dokumen dalam penelitian ini adalah dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran membaca huruf Jawa kelas V SD Negeri I Trukan Pracimantoro, Wonogiri, tahun pelajaran 2016/2017.Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan analisis trianggulasi yaitu dengan cara melakukan wawancara dan observasi yang mendalam terhadap penelitian yang dilakukan..Teknik analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah pengumpulan data selesai dengan 5 ( lima ) langkah. Terdapat beberapa kasus selama pembelajaran membaca huruf Jawa di kelas V SD Negeri I Tukan Pracimantoro, Wonogiri, berlangsung yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran membaca huruf Jawa bahan bacaannya ditulis di papan tulis (2) Materi pembelajaran membca huruf Jawa kurang menyeluruh (3) Penggunaan metode ceramah kurang tepat (4) Penggunaan alat/media kurang menantang siswa (5) Hasil evaluasi sebagian besar nilainya di bawah KKM (65) yang ditetapkan sekolah (6) siswa belum siap mengikuti informasi dan menanggapi pembelajaran membaca huruf Jawa. Adapun kesimpulannya adalah: (1) Sarana prasarana terutama buku pembelajaran membaca bahasa Jawa yang bertuliskan huruf Jawa di sekolah belum ada (2) Materi pembelajaran membaca huruf Jawa menggunakan pasangan,sandhangan huruf Jawa belum semua terbaca (3) Metode ceramah tidak tepat dalam pembelajaran membaca huruf Jawa, siswa pasip,tidak dilatih membaca .huruf Jawa secara bergantian (4) Alat/media pembelajaran membaca huruf Jawa berupa papan tulis karena sekolah belum memiliki LCD (5) Hasil evaluasi masih di bawah KKM (65) yang ditetapkan sekolah.(6) Guru saat menyampaikan pembelajaran tidak menyampaikan apersepsi,tujuan, motivsi, maupun penguat yang menantang peserta didik. Kata kunci: Pembelajaran membaca huruf Jawa, Studi Kasus

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 23 Feb 2019 09:30
Last Modified: 23 Feb 2019 09:30
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item